3 Karakter Wanita Ikonik dalam Game Paling Berpengaruh Sedunia

3 Karakter Wanita Ikonik dalam Game Paling Berpengaruh Sedunia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 10 Mar 2021 18:23 WIB
Lara Croft di Komik Tomb Raider
Lara Croft dari game Tomb Raider (Square Enix)
Jakarta -

Tepat pada tanggal 8 Maret 2021, dunia memperingati Hari Perempuan Internasional, di mana ini menjadi waktu yang tepat untuk membahas 3 karakter wanita fiksi yang berpengaruh besar dalam industri video game.

Memang sebenarnya perayaan ini lebih mengarah kepada wanita di kehidupan nyata, untuk merayakan pencapaian dan memberikan perhatian pada perjuangan kesetaraan perempuan.

Akan tetapi tidak ada salahnya membahas dari sudut pandang fiksi terutama di dalam dunia game. Berikut 3 karakter wanita yang memiliki peran besar dalam industri game:

1. Jill Valentine

Jill ValentineJill Valentine. Foto: Capcom

Jill Valentine adalah salah satu karakter wanita protagonis yang dapat detikers mainkan di Resident Evil, dan menjadi karakter wanita pertama yang dapat dimainkan di game horor.

Valentine berhasil masuk ke Guinness World Records 'Top 50 Karakter Video Game Sepanjang Masa' pada 2011 dan desainnya selalu dipuji karena dibuat tidak terlalu seksi.

2. Lara Croft

Lara Croft di Komik Tomb RaiderLara Croft. Foto: Square Enix

Lara Croft adalah satu-satunya karakter wanita protagonis dari franchise Tomb Rider dan menjadi pelopor untuk representasi wanita dalam video game sejak tahun 1996.

Dia adalah karakter wanita kuat yang awalnya dirancang untuk menjadi seksi karena kekuatannya. Namun karena dianggap sebagai simbol seks di industri game, pada Reboot Tomb Raider 2013 developer mengurangi semuanya, membuat tubuh dan pakaian yang lebih realistis dan mengurangi kesan seksi.

3. Ellie

Masuk ke daftar perempuan tercantik sedunia, Ellie bukanlah manusia sungguhan.Ellie. Foto: Naughty Dog

Ellie adalah karakter utama dalam game The Last of Us, dan menjadi protagonis yang dapat dimainkan di The Last of Us 2.

Terlepas dari kontroversi yang terjadi pada sekuelnya, tidak dapat disangkal bahwa Ellie menjadi karakter wanita yang memberikan pengaruh cukup besar dalam industri game. Dirinya menjadi seorang gadis muda yang bijaksana tanpa harus tampil terlalu seksual, demikian dilansir detikINET dari Gamerant, Rabu (10/3/2021).

Menurut kalian, siapa lagi karakter wanita fiksi yang memiliki pengaruh besar terhadap industri game? Paling tidak berpengaruh terhadap game itu sendiri. Share di kolom komentar ya.



Simak Video "Google Rayakan Hari Perempuan Internasional 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)