Pisang Bisa Jadi Kontroler PS5, Dipatenkan Sony

Pisang Bisa Jadi Kontroler PS5, Dipatenkan Sony

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 08 Mar 2021 12:46 WIB
Ilustrasi Playstation 5
Sony Patenkan Cara Ubah Pisang Jadi Kontroler PS5 Foto: (Unsplash/RRQ)
Jakarta -

Sony Interactive Entertainment baru saja mendaftarkan paten yang unik yaitu sistem yang bisa mengubah benda sehari-hari, seperti buah pisang, menjadi kontroler PlayStation 5.

Paten ini didaftarkan Sony ke United States Patent and Trademark Office (USPTO) pada 15 Juli 2020. Dalam deskripsinya, Sony mengatakan metode ini bisa mengubah 'objek pasif non-bercahaya' yang dipegang pengguna menjadi kontroler.

Sony memberikan beberapa ilustrasi yang menunjukkan cara penggunaan kontroler pisang ini. Pertama, pengguna bisa mengambil satu atau dua pisang dan menggerakkannya seperti stik analog.

Dalam ilustrasi lainnya, terlihat sebuah pisang dengan dua tombol virtual di sisi kiri dan kanan, jadi sepertinya metode ini juga akan memanfaatkan headset virtual reality.

Paten Sony bisa ubah pisang jadi kontroler PS5Paten Sony bisa ubah pisang jadi kontroler PS5 Foto: dok. Sony

Meski dalam ilustrasinya Sony hanya menampilkan gambar pisang, perusahaan teknologi asal Jepang ini mengatakan metode tersebut bisa digunakan untuk mengubah banyak objek menjadi kontroler PS5, seperti jeruk, pena bahkan cangkir kopi.

"Akan sangat menarik jika pengguna bisa menggunakan perangkat yang murah, sederhana dan non-elektronik sebagai perangkat video game," kata Sony dalam patennya, seperti dikutip dari Polygon, Senin (8/3/2021).

Paten Sony tidak menjelaskan secara detail bagaimana cara kerja sistem ini. Berdasarkan deskripsi di paten, 'unit input' akan digunakan untuk mengambil gambar objek yang dipegang pengguna sebagai kontroler konsol.

Sistem ini kemudian menggunakan model machine learning yang telah dilatih untuk mengidentifikasi objek untuk mendeteksi pose objek yang ingin digunakan pengguna sebagai kontroler.

Setelah selesai, 'generator input pengguna' akan merekam perubahan di pose objek dan mengirimkan datanya ke konsol, dan benda unik yang dipegang pengguna bisa beroperasi seperti kontroler tradisional.

Meski terbilang unik, ide Sony ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Beberapa streamer Twitch seperti SuperLouis 64 dan Rudeism sebelumnya pernah memainkan game menggunakan kontroler yang 'salah'.

Misalnya, SuperLouis64 menggunakan pisang untuk memainkan game Dark Souls 3, sedangkan Rudeism menyelesaikan game Hades dengan buah delima.

Tapi perlu diingat bahwa ini hanya paten yang didaftarkan Sony, jadi ada kemungkinan mereka tidak berencana mengembangkannya dan produk jadinya tidak akan terwujud.



Simak Video "Perilisan PS5 di India Terhalang Masalah Merek Dagang"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)