5 Turnamen Esports dengan Hadiah Terbesar di Dunia

5 Turnamen Esports dengan Hadiah Terbesar di Dunia

Irna Gayatri - Content Writer RRQ - detikInet
Jumat, 05 Feb 2021 10:10 WIB
Turnamen Esports League of Legends Worlds Championship
League of Legends Worlds Championship (Riot Games)
Jakarta -

Turnamen esports di dunia terus berkembang dari segi hadiah. Prize pool yang diberikan bikin geleng-geleng kepala, sampai ratusan miliar rupiah!

Dari sini kita bisa lihat bahwa aktivitas bermain game bukan lagi hanya soal hiburan tapi sudah jadi 'lahan basah'. Dari semua turnamen yang sukses diselenggarakan, terdapat beberapa yang jumlah hadiah utamanya sangat fantastis.

Tidak hanya di luar negeri, ternyata salah satu turnamen di Indonesia juga memiliki total hadiah paling besar daripada turnamen franchise yang digelar di beberapa regional lainnya. Inilah turnamen dengan total prize pool terbesar:

1. The International 2019 (USD 34 juta)

Kalau berbicara soal turnamen internasional, belum ada yang mengalahkan hadiah dari The International 2019 (TI9). Valve sebagai penyelenggara resmi menyiapkan uang sebesar 34 juta dolar Amerika atau Rp 477 miliar, bukan main! Dilansir Esportsearning, The International jadi turnamen tahunan dengan prize pool yang selalu meningkat dan jadi yang paling besar sepanjang sejarah esports. Sang juara, yaitu OG langsung melesat jadi tim esports paling kaya di tahun 2019.

Perbedaan dari tahun sebelumnya sangat signifikan, dari 25 juta ke 34 juta adalah hasil sumbangsih para komunitas pencinta Dota 2 yang membeli battle pass. Melihat total hadiah yang diberikan, sepertinya sistem kolektif dari hasil penjualan ini sangat berhasil.

Sayangnya, tahun 2020 kemarin TI10 batal digelar karena ada pandemi. Padahal kalau sukses diselenggarakan, turnamen ini bisa jadi yang paling besar mengalahkan rekor sebelumnya. Dilansir Dota Prizepool Tracker, hasil penjualan battle pass telah menyentuh angka USD 40 juta!

2. Fortnite Worlds Cup 2019 (USD 30 juta)

Turnamen Esports Fortnite Worlds CupTurnamen Esports Fortnite Worlds Cup Foto: (Fortnite Intel)

Kyle Bugha beruntung ketika mulai memiliki ketertarikan untuk menekuni game Fortnite pada tahun 2016. Perjuangannya tidak sia-sia karena pada tahun 2019 kemarin dirinya dinobatkan sebagai pemain muda berumur 16 tahun paling kaya se-Amerika setelah berhasil menjuarai turnamen Fortnite World Cup 2019 untuk cabang solo.

Dari dua cabang yang dipertandingkan, Epic Games menyediakan masing-masing kurang lebih 15 juta dolar Amerika. Jika digabungkan, totalnya mencapai 30 juta dolar Amerika atau Rp 421 miliar. Sempat ada persaingan ketat antara Fortnite World Cup 2019 dengan The International 2019. Sepanjang tahun itu, kedua turnamen esports ini saling adu salip soal besaran hadiah yang akan didistribusikan oleh pemain. Akan tetapi, prizepool The International 2019 melesat naik seminggu sebelum acara digelar.

Halaman selanjutnya: League of Legends sampai MPL Indonesia...