Sony Patenkan Teknologi Dual GPU, Buat PS5 Pro?

Sony Patenkan Teknologi Dual GPU, Buat PS5 Pro?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 07 Des 2020 12:05 WIB
Duh! Beli PS5 Online yang Diterima Malah Beras dan Panggangan Daging
Foto: Twitter/Juice
Jakarta -

Januari 2020 lalu Sony ternyata mendaftarkan sebuah paten baru, yang diperkirakan bakal dipakai di konsol penerus PS5. Teknologi tersebut adalah dual GPU.

Dalam paten tersebut Sony terlihat punya proyek yang ambisius dengan membuat konsol yang punya dua GPU, seperti yang dilakukan di Nvidia SLI ataupun AMD CrossFire. Namun, tampaknya implementasi dual GPU di konsol terlihat lebih rumit dari di PC.

Dalam paten tersebut dijelaskan bagaimana dua GPU bisa me-render satu frame secara bersamaan, atau bisa juga memecah satu frame menjadi dua dan masing-masing ditangani oleh satu GPU, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Senin (7/12/2020).

Meski bekerja bersama dalam me-render gambar, hanya satu GPU yang mengontrol output HDMI, yang artinya GPU tersebut harus membaca frame yang dihasilkan oleh GPU lainya. Oh ya, dua GPU itu juga masing-masing mempunyai kontrol memori dan memori terpisah.

Lalu disebutkan juga ada varian konsol kelas atas yang punya storage lebih besar dan lebih kencang, dengan dua GPU ini. Namun ada juga varian yang hanya memakai satu GPU.

Dari sini bisa diasumsikan kalau kemungkinan paten ini ditujukan untuk PS5 Pro. Dengan dua GPU, mungkin saja konsol tersebut punya memberikan pengalaman VR berkualitas tinggi, dan bermain game di resolusi 4K 120fps.

Selain itu, dalam paten tersebut juga tertera informasi soal cloud gaming, yang membutuhkan tambahan perangkat dengan sensor seperti NFC, GPS, IR blaster, biosensor, sensor cuaca, dan lainnya.

Perangkat tersebut akan terhubung ke konsol untuk mengaktifkan cloud computing dan cloud gaming. Namun tak dijelaskan fungsi dari sensor-sensor tersebut. Namun yang jelas, ini masih sekadar pendaftaran paten, yang belum bisa dipastikan apakah benar-benar akan diwujudkan oleh Sony di PS5 Pro.

Paten Dual GPU PS5Paten Dual GPU PS5 Foto: Istimewa


Simak Video "Perilisan PS5 di India Terhalang Masalah Merek Dagang"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)