Pakai Kipas Beda, Ada Unit PS5 yang Berisik

Pakai Kipas Beda, Ada Unit PS5 yang Berisik

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 03 Des 2020 20:49 WIB
Duh! Beli PS5 Online yang Diterima Malah Beras dan Panggangan Daging
Foto: Twitter/Juice
Jakarta -

Sejumlah pengguna PlayStation 5 (PS5) pernah mengaku kalau kipas konsol barunya itu mengeluarkan suara berdengung dan menderu sangat keras, alias lebih berisik dari PS5 lain.

Rupanya ini terjadi karena Sony menggunakan kipas yang berbeda di setiap unit PS5. Hal ini dilaporkan oleh sebuah situs asal Prancis bernama Les Numeriques, yang menemukan ada beberapa unit PS5 yang suaranya lebih senyap ketimbang unit lainnya.

Mereka mengetahui hal ini setelah membongkar beberapa unit PS5, dan menemukan ada lima kipas berbeda di konsol yang mereka bongkar tersebut, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Kamis (3/12/2020).

Kipas PS5Kipas PS5 Foto: Istimewa/ Les Numériques

Dari laporan mereka, PS5 yang suaranya senyap menggunakan kipas dengan 23 bilah kipas tipis. Sementara unit lain yang lebih berisik menggunakan kipas dengan 17 bilah yang terlihat lebih tebal.

Kipas dengan bilah lebih sedikit, seharusnya, memang membutuhkan putaran lebih kencang untuk menghasilkan angin yang sama dengan kipas berbilah lebih banyak. Meski banyak hal lain yang bisa menjadi penyebab kipas lebih berisik, dari sini bisa diasumsikan kalau kipas dengan 17 bilah tersebut menjadi penyebab beberapa unit PS5 lebih berisik dibanding lainnya.

Jika Anda sudah punya PS5 dan penasaran kipas jenis apa yang dipakai, bisa membuka panel samping PS5 yang berwarna putih untuk mengetahui hal tersebut. Tenang saja, hal ini tidak membatalkan garansi konsol. Namun jika mencoba untuk mengganti kipasnya barulah garansi PS5 Anda batal.

Namun untuk saat ini, sepertinya kipas yang berisik bukanlah masalah utama bagi pengguna PS5, melainkan bisa menemukan toko yang masih mempunyai stok PS5 untuk dibeli. Meski untuk di Indonesia, Sony belum menjual konsol tersebut secara resmi.

Konsol tersebut baru bisa dipesan pertengahan Desember mendatang di Indonesia, dan penjualannya baru dilakukan pada Januari 2021 mendatang. Di sejumlah marketplace memang sudah ada yang menjual PS5, namun dengan harga yang berlipat dibanding harga resminya.



Simak Video "Viral Netizen Pamer 'Punya' PS5 di Instagram, Begini Caranya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)