Harga Game PS5 Mahal, Bos Sony Buka Suara

Harga Game PS5 Mahal, Bos Sony Buka Suara

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 22 Nov 2020 07:05 WIB
PS5
PS5. Foto: istimewa
Jakarta -

PlayStation 5 atau PS5 telah resmi dijual. Beberapa game PS5 eksklusif untuk konsol game penerus PS4 ini telah pula dipasarkan, akan tetapi harganya terhitung mahal sehingga sebagian gamer melontarkan protes. Bagaimana penjelasan bos PlayStation tentang persoalan ini?

Tengok saja harga gamer PS5 di Indonesia yang telah diumumkan Sony. Game Demon's Soul harganya Rp 1,029 juta, Spider Man: Miles Morales akan dijual Rp 729 ribu dan Sackboy A Big Adventure bakal dipasarkan Rp 879.000. Tapi menurut bos Sony, harga itu memang sudah sepantasnya.

"Ya, saya pikir (harga game PS5) fair saja. Jika Anda melihat hiburan berjam-jam yang disediakan oleh sebuah video game, seperti Demon's Soul, dibandingkan dengan bentuk hiburan lain, saya pikir perbandingannya sudah sangat jelas," sebut Jim Ryan, CEO Sony yang dikutip detikINET dari Telegraph.

Sebagian developer game pun membela diri soal harga yang kian mahal. Argumennya kurang lebih sama dengan Jim, bahwa video game menyediakan jauh lebih banyak durasi hiburan dibandingkan film atau buku.

Sebagian menyebut bahwa ongkos produksi video game kian melambung memasuki era PS5 dan Xbox Series X sehingga wajar jika harga jualnya ke gamer mengalami kenaikan, itupun tidak dilakukan secara drastis.

"Kita tidak melihat adanya banyak kenaikan dalam hampir 15 tahun dan ongkos produksi sudah naik antara 200 sampai 300%," ucap CEO Take Two Interactive, Strauss Zelnick dalam wawancara baru-baru ini.

"Kami membuat game yang jauh lebih besar di harga USD 60 atau USD 70 dibandingkan harga sebanding pada 10 tahun lalu. Pengalaman (main game) benar-benar kuat bahkan jika Anda tidak lagi mengeluarkan uang setelah pembelian awal," sebutnya. Maka gamer mungkin harus maklum jika harga game PS5 tidak murah.



Simak Video "Game Indonesia 'Tirta' Bakal Tersedia di PS5"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/asj)