Garena Free Fire Terpopuler, PUBG Mobile Tokcer

Garena Free Fire Terpopuler, PUBG Mobile Tokcer

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 15 Nov 2020 20:30 WIB
IndiHome eSports League memasuki babak Grand Final yang akan memperebutkan total hadiah Rp 1,3 Miliar. Acara digelar 6-8 Desember 2019 di Telkom Landmark Tower.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Meski dirudung pandemi COVID-19, pendapatan industri mobile game global tumbuh 26% dari tahun ke tahun. Aplikasi mobile game terpopuler diraih Garena Free Fire dan PUBG Mobile pendapatannya paling tokcer.

Berdasarkan laporan Sensor Tower pengeluaran pemain global dalam bermain mobile game dalam sembilan bulan pertama tahun 2020 yang mencapai USD 58,7 miliar atau setara Rp 835,6 triliun. Lonjakan pendapatan tersebut disebabkan adanya pandemi, yang membuat orang sering bermain game.

Bila dibandingkan dengan periode serupa selama Q1 sampai Q3 2019, pengeluaran mobile game tumbuh 17,5% dari tahun ke tahun menjadi sekitar USD 46,7 miliar.

Dilihat dari toko aplikasi, maka pengeluaran gamer sebesar 25,3% dari tahun ke tahun selama triwulan tahun ini menjadi sekitar USD 35,2 miliar. Sedangkan, di Play Store juga sama, yakni naik 26,3% dari tahun ke tahun menjadi USD 23,5 miliar.

Sedangkan dari sisi negara penyumbang terbesar, Amerika Serikat (AS) berada di urutan pertama yang menghasilkan USD 16,5 miliar. Kemudiaan diikuti Jepang dengan pengeluaran USD 13 miliar, China USD 10,6 miliar.

Dari pertumbuhan industri mobile game ini, PUBG Mobile dinyatakan sebagai permainan yang paling tokcer, karena mampu mengumpulkan lebih dari USD 2 miliar. Sebagai catatan, penghasilan ini belum termasuk PUBG Mobile versi China, Game For Peace.

Setelah itu ada Honor of Kings, Pokemon Go, Coin Master, Monster Strike, Roblox, Gardenspaces, Candy Crush Saga, Fate/Grand Order, dan Rise of Kingdoms.

Berbicara aplikasi mobile game yang paling banyak, PUBG Mobile masih kalah dibandingkan Garena Free Fire yang berada di urutan nomor wahid dengan raihan lebih dari 220 juta penginstalan.

Sensor Tower melihat pertumbuhan industri mobile game sendiri diperkirakan akan terus berlanjut di kuartal keempat tahun ini, seiring dengan masih belum berakhirnya pandemi, yang mana orang-orang menghabiskan waktu dan menghibur dengan bermain game.

Mobile game dengan raihan download dan pendapatan terbanyak selama Q1 sampai Q3 2020.Mobile game dengan raihan download dan pendapatan terbanyak selama Q1 sampai Q3 2020. Foto: Sensor Tower



Simak Video "Makin Eksis, PUBG Raup Pendapatan Terbesar Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)