Apa PS5 Bisa Dimiringkan? Ini Jawabannya

Apa PS5 Bisa Dimiringkan? Ini Jawabannya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 15 Nov 2020 08:01 WIB
PS5
PS5. Foto: istimewa
Jakarta -

Sejak pertama kali hingga saat ini, Sony sering menampilkan PlayStation 5 (PS5) dalam posisi tegak. Bagaimana bila diletakkan miring?

PS5 tampil beda dari generasi konsol buatan Sony sebelum-sebelumnya. Bila dilihat dari segi fisiknya, jelas PS5 ini ukurannya yang jumbo nan tinggi. Kegagahan itu yang acapkali diperlihatkan Sony dengan menempatkannya secara vertikal.

Lalu, apakah PS5 masih berfungsi menjalankan game jika posisisinya miring? Jawabannya, bisa, sebagaimana dilansir dari Android Central, Minggu (15/11/2020).

Sama seperti pendahulunya, PS5 ini bisa berbaring mirip, mungkin bisa memakan tempat. Dengan meletakkannya pada posisi vertikal, tidak hanya hemat ruang, tapi cukup estetik dengan warnanya hitam-putih itu.

PS5 seperti disebutkan, wujudnya yang besar dan tinggi, bahkan merupakan konsol berukuran terbesar di zaman modern. Tingginya hampir 40 cm dan lebarnya 10 cm.

PS5PS5 Foto: istimewa


Adapun, mengubah posisi PS5 memang terlihat cukup rumit. Pertama dudukan yang menopang PS5 saat berdiri harus dilepas menggunakan obeng, lalu lubang yang ada harus ditutup, dan dudukan tersebut dijepitkan di bagian samping untuk menopang PS5 dalam posisi tertidur.

Desain stand dan proses yang rumit ini memang diperlukan mengingat desain konsol PS5 yang melengkung dan tidak rata, jadi membutuhkan stand agar bisa tetap stabil.

Yujin Morisawa selaku Senior Art Director Sony menyatakan sebenarnya saat masih dalam tahap rancangan, ia mendesain PS5 lebih besar lagi dari versi komersial yang bakal dipasarkan. Tim engineer Sony lalu menyadarkan Yujin bahwa wujudnya kala itu terlampau jumbo sehingga perlu diperkecil lagi.

Dalam wawancara dengan Washington Post, Morisawa membeberkan bahwa PS5 harus lebih besar dari generasi sebelumnya, karena power yang lebih bertenaga berarti dibutuhkan pelepas panas lebih mumpuni dan lebih banyak aliran udara.

Saat bodi dan sistem PS5 dibuka, memang terlihat sistem pendinginan yang kompleks dan pelepas panas yang masif. Itulah penyebab utama mengapa PS5 wujudnya tidak bisa dibuat lebih kecil.

"Pada awalnya, saat aku mulai menggambar, wujud PS5 malah jauh lebih besar meski aku tak tahu apa yang akan dilakukan oleh tim engineer. Mereka memberitahuku bahwa bentuknya terlalu jumbo. Maka aku memperkecilnya," sebut Morisawa.



Simak Video "Perilisan PS5 di India Terhalang Masalah Merek Dagang"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)