Hampir Dua Tahun Berturut-turut, Nintendo Switch Jadi Konsol Terlaris di AS

Hampir Dua Tahun Berturut-turut, Nintendo Switch Jadi Konsol Terlaris di AS

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 14 Nov 2020 13:02 WIB
Nintendo Switch
Foto: Istimewa
Jakarta -

Dua tahun ini bisa dibilang tahunnya Nintendo Switch, setidaknya di AS. Pasalnya konsol tersebut menurut Nintendo adalah konsol terlaris selama 23 bulan berturut-turut, alias hampir dua tahun.

Sementara mengacu pada data dari NPD Group, yang menyebut pada Oktober lalu ada 735 ribu Nintendo Switch dan Switch Lite terjual di AS, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (14/11/2020).

Angka penjualan ini lebih tinggi 136% dibanding tahun sebelumnya, dan sejauh ini sudah ada 22,5 juta unit Nintendo Switch yang terjual di AS. Sementara secara global, ada lebih 68 juta unit yang sudah terjual.

"Kami sangat bersemangat melihat momentum ini," ujar Nick Chavez, SVP of sales and marketing di Nintendo of America.

Peningkatan penjualan pada Oktober ini menurut Chavez terjadi karena dua faktor utama. Salah satunya adalah pasokan yang lebih baik. Meski seringkali sulit untuk menemukan Switch di rak-rak toko.

Langkanya Switch itu disebabkan oleh meningkatnya permintaan akibat kombinasi pandemi Corona dan kesuksesan game Animal Crossing: New Horizon.

"Pandemi covid ini menciptakan banyak kesempatan untuk berdiam diri di rumah, lebih banyak waktu untuk bermain di rumah. Kami melihat permintaan yang tak diduga-duga terhadap Nintendo Switch selama tahun ini," tambah Chavez.

Selain pandemi dan game Animal Crossing: New Horizon, meningkatnya penjualan Switch disebabkan karena adanya pertumbuhan jumlah pembelian oleh perempuan dan untuk keluarga.

"Pertumbuhan kami tahun ini banyak yang terjadi karena perempuan bermain Nintendo Switch, semakin banyak anak-anak dan remaja bermain Nintendo Switch, dan juga orang tuanya," tambah Chavez.

Ia pun menyebut adanya preferensi yang sangat kuat untuk sistem flagship dengan harga USD 299.

Bagaimana persaingan Nintendo Switch dengan PS5 dan Xbox Series X?