Baru Dijual, Xbox Series X Sudah Jadi Korban Hoax

Baru Dijual, Xbox Series X Sudah Jadi Korban Hoax

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 12 Nov 2020 22:35 WIB
Xbox Series X
Xbox Series X. Foto: Microsoft
Jakarta -

Xbox Series X (dan Series S) baru mulai dijual, namun konsol terbaru itu sudah menjadi korban hoax dan meme dari para netizen.

Salah satu meme yang beredar dan agak berbau hoax adalah video yang menunjukkan kalau Xbox Series X mengeluarkan asap dari bagian atasnya. Videonya dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat konsol terbaru itu seperti terbakar.

Padahal sebenarnya asal itu berasal dari seorang pengguna yang iseng meniupkan asap, atau tepatnya uap dari vape miliknya, yang kemudian menyebarkan videonya ke internet, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (12/11/2020).

Untuk meredam agar meme ini tak semakin meluas, Microsoft sampai mengeluarkan anjuran, agar pengguna tak meniupkan asap dari vape ke Xbox Series X. Anjuran ini dilontarkan Microsoft lewat akun Twitter @Xbox.

Wajar memang jika Microsoft menyeriusi hal ini, karena dulu mereka pun pernah terkena masalah 'Red Ring of Death' di Xbox 360. Selain itu, perangkat elektronik yang terbakar juga bukan sesuatu yang mustahil.

Sebut saja Galaxy Note 7 dan beberapa perangkat lain seperti kamera buatan Ring yang baru-baru ini ditarik dari pasaran. Namun biasanya memang perangkat yang terbakar itu mempunyai baterai di dalamnya, yang menjadi pemicu munculnya api, dan Xbox tentu tak menyimpan baterai di dalam bodinya.

Postingan viral lain di medsos terkait Xbox Series X adalah angin yang dikeluarkan konsol tersebut disebut sangatlah kencang. Sampai-sampai bisa membuat bola pingpong terlihat mengapung di atasnya.

Namun postingan ini kemudian diketahui ternyata hanya dibuat-buat, karena ternyata bola pingpong tersebut dipasang di atas kawat yang disangkutkan ke lubang ventilasi di Xbox Series X.



Simak Video "Microsoft Pamerkan Spesifikasi Xbox Series X"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)