PS5 Gede Banget, Ini Pengakuan Desainernya

PS5 Gede Banget, Ini Pengakuan Desainernya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 11 Nov 2020 14:15 WIB
PS5
PS5 disandingkan PS4. Foto: Tom's Guide
Jakarta -

PlayStation 5 atau PS5 ukurannya amat besar, bahkan merupakan konsol game yang paling jumbo di zaman modern. Disandingkan dengan PS4, terlihat bagaimana gambotnya PS5. Wujudnya pun benar-benar berbeda. Apa kata desainer yang merancangnya?

Yujin Morisawa selaku Senior Art Director Sony menyatakan sebenarnya saat masih dalam tahap rancangan, ia mendesain PS5 lebih besar lagi dari versi komersial yang bakal dipasarkan. Tim engineer Sony lalu menyadarkan Yujin bahwa wujudnya kala itu terlampau jumbo sehingga perlu diperkecil lagi.

Dalam wawancara dengan Washington Post, Morisawa membeberkan bahwa PS5 harus lebih besar dari generasi sebelumnya, karena power yang lebih bertenaga berarti dibutuhkan pelepas panas lebih mumpuni dan lebih banyak aliran udara.

Saat bodi dan sistem PS5 dibuka, memang terlihat sistem pendinginan yang kompleks dan pelepas panas yang masif. Itulah penyebab utama mengapa PS5 wujudnya tidak bisa dibuat lebih kecil.

"Pada awalnya, saat aku mulai menggambar, wujud PS5 malah jauh lebih besar meski aku tak tahu apa yang akan dilakukan oleh tim engineer. Mereka memberitahuku bahwa bentuknya terlalu jumbo. Maka aku memperkecilnya," sebut Morisawa yang dikutip detikINET dari Washington Post, Rabu (11/11/2020).

Walaupun produk finalnya tetap besar, itu sudah merupakan ukuran yang tepat karena jika dibuat lebih kecil, maka akan mengorbankan sistem pendinginannya. Adapun mengenai desainnya yang terlihat futuristis, Morisawa menyebut ia ingin PS5 memancarkan aura mesin yang powerful.

Sisi desain PS5 sendiri dalam berbagai review menimbulkan rasa suka dan sebaliknya, ada pula yang kurang sreg. Ada yang menyebutnya sebagai perwujudan konsol game modern dan menunjukkan perbedaan yang signifikan dari PS4. Namun sebagian menilainya sebagai desain yang aneh.



Simak Video "Perilisan PS5 di India Terhalang Masalah Merek Dagang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)