Mengejutkan! Jepang Tak Jadi Prioritas Penjualan PS5

Mengejutkan! Jepang Tak Jadi Prioritas Penjualan PS5

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 09 Nov 2020 17:41 WIB
PS5
PS5. Foto: istimewa
Tokyo -

PlayStation berasal dari Jepang lantaran perusahaan pembuatnya, Sony, berbasis di Negeri Sakura. Namun belakangan, hubungan itu makin renggang, bahkan kabarnya Jepang tak jadi prioritas pemasaran PS5. Apa penyebabnya?

Para petinggi yang mengurusi bisnis PlayStation kini kebanyakan orang Eropa sementara kantor pusat PlayStation sudah pindah ke San Matteo, California. Ada beberapa penyebabnya, salah satunya di Jepang, penjualan PlayStation 4 atau PS4 tidak sesuai ekspektasi.

PS4 secara global terjual 113 juta unit, naik dari angka 87 juta unit yang dibukukan PS3. Akan tetapi PS4 terjual kurang dari 10 juta unit di Jepang, bahkan lebih kecil jumlahnya dari PS3.

Menurut sumber Bloomberg, Senin (9/11/2020) pihak PlayStation AS frustrasi karena tim marketing Jepang tidak dapat menjual PS4 seperti target. Maka kabarnya, promosi PS5 di Jepang pun tidak akan kencang. Bahkan sejauh ini, pegawai di Jepang masih menunggu instruksi dari kantor di Amerika.

Tim support PlayStation di Jepang menurut Bloomberg sudah dipangkas sampai sepertiganya. Sementara studi pembuat game PS di sana juga tidak diperbaharui kontraknya.

Dua event promosi PS5 baru-baru ini disiarkan jam 5 pagi di Jepang, dengan alasan waktunya lebih ramah bagi fans di AS dan Eropa. Sedangkan retail lokal mengaku hanya menerima sedikit stok PS5.

"Sudah menjadi konsensus analis bahwa PlayStation tidak lagi melihat pasar Jepang itu penting," sebut Kazunori Ito, analis di Morningstar Research.

Lesunya pasar PlayStation mungkin terkait dengan menurunnya jumlah rumah tangga di Jepang yang memiliki televisi. Padahal PlayStation harus dimainkan di layar besar agar permainannya optimal.

Juru bicara Sony, Natsumi Atarashi, membantah pihaknya mengabaikan pasar Jepang. Negara asal itu menurutnya masih sangat penting dan menjadi salah satu pasar pertama yang menjual PS5.



Simak Video "Perilisan PS5 di India Terhalang Masalah Merek Dagang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)