Ada Cara Baru Bisa Mainkan Fortnite Lagi di iPhone

Ada Cara Baru Bisa Mainkan Fortnite Lagi di iPhone

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 09 Nov 2020 06:35 WIB
Fortnite, Ilustrasi Fortnite
Foto: Dok. Epic Games
Jakarta -

Belum lama ini Apple menghapus Fortnite dari App Store karena melanggar persyaratan layanan App Store. Sengketa di antara Apple dan si publisher game Epic Games kian memanas dan tidak diketahui kapan berakhir. Tapi tampaknya, pengguna gadget Apple segera bisa memainkan Fortnite lagi.

Menurut laporan yang dikutip dari BBC, Fortnite akan tersedia lewat layanan streaming game GeForce Now milik NVIDIA. Artinya, gamer pengguna iPhone dan iPad dapat menikmati game itu lagi, meskipun dalam media yang berbeda.

Namun, perlu dicatat bahwa kemungkinan besar pengguna akan melakukan streaming game melalui Safari. Apple sendiri telah melonggarkan aturan terkait izin layanan streaming game yang sebelumnya mengharuskan setiap judul game tersedia secara individual di App Store.

Jadi, streaming melalui Safari sepertinya solusi terbaik, setidaknya untuk saat ini. Sejauh ini belum ada kabar kapan Fortnite akan bisa dimainkan lagi lewat GeForce Now. Namun kabarnya, fungsi ini akan tiba tepat waktu di musim liburan akhir tahun.

Untuk diketahui, ditendangnya Fortnite dari App Store bermula ketika Epic Games memperkenalkan metode pembayaran langsung untuk membeli mata uang yang digunakan untuk bertransaksi di game. Metode pembayaran ini menjanjikan diskon pembayaran 20% untuk gamer, sekaligus membantu Epic Games menghindari komisi 30% yang diambil oleh Apple dan Google ( di Play Store).

Apple kemudian menarik Fortnite dari App Store karena dianggap melanggar pedoman yang sudah ditetapkan untuk semua pengembang dan dirancang untuk membuat toko aplikasi itu aman bagi penggunanya. Perlakuan serupa juga diterimanya dari Google.

Epic Games tidak tinggal diam begitu game buatannya dicekal oleh Apple dan Google. Mereka pun langsung melayangkan gugatan kepada dua rakasa teknologi tersebut.

Dalam gugatan yang didaftarkan di California, AS, Epic Games menuduh Apple dan Google melakukan praktik monopoli dan meminta kompetisi yang adil dalam distribusi aplikasi mobile.



Simak Video "Pengguna Apple Tak Bisa Mainkan Season Terbaru Fortnite"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)