Waduh! Storage PS5 Ternyata Tak Bisa Ditambah

Waduh! Storage PS5 Ternyata Tak Bisa Ditambah

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 06 Nov 2020 18:15 WIB
PS5
Storage PS5 Ternyata Tak Bisa Ditambah (Foto: istimewa)
Jakarta -

Sony memastikan kalau penyimpanan di PlayStation 5 (PS5) tak bisa ditambah, setidaknya saat konsol tersebut baru dirilis nanti.

Ya, PS5 memang punya penyimpanan data yang sangat kencang, berbasis solid state drive (SSD) PCIe. Namun, setidaknya saat PS5 diluncurkan nanti, storage tersebut tak bisa ditambah oleh pengguna.

PS5 memang punya slot internal yang secara teoritis bisa dipasangi SSD berbasis M.2. Cara mengakses slot ini pun terbilang tak terlalu sulit, yang terlihat dari video teardown PS5 yang diposting oleh Sony.

Namun pada awalnya slot ini akan dimatikan oleh Sony. "Ini akan dipakai di pembaruan yang akan datang," ujar Sony, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (6/11/2020).

Hal ini sebenarnya sudah sedikit diungkap oleh Mark Cerny, pembuat hardware PlayStation, saat membahas PS5 Maret 2020 lalu.

"Sebenarnya akan sangat bagus jika tersedia saat pertama diluncurkan, namun tampaknya akan membutuhkan waktu lebih banyak. Jadi tahan dulu pembelian drive M.2 sebelum mendapat kabar dari kami," ujar Cerny saat itu.

Hal ini menurut Cerny adalah karena tak semua SSD M.2 punya kecepatan yang cukup untuk bisa disandingkan dengan PS5, cukup tipis untuk dimasukkan ke dalam slot, atau kompatibilitasnya dengan kontroler I/O Sony.

Ia pun menyarankan, SSD yang bakal kompatibel itu punya bandwidth lebih dari 5,5 GB/s, menggunakan koneksi PCIe Gen4, dan tak menggunakan heatsink besar agar bisa masuk ke dalam slotnya.

Selain itu, saat ini SSD M.2 yang menggunakan PCIe Gen4 pun memang sangat terbatas karena baru ada dua pabrikan yang merilis SSD semacam ini. Jadi Sony juga mungkin masih membutuhkan waktu untuk memverifikasi kompabilitas SSD tersebut dengan PS5.

Jadi untuk sementara waktu, pembeli PS5 harus mencukupkan diri dengan storage berkapasitas 825GB (sudah terisi sebagian untuk sistem, dan sisanya hanya 667GB) untuk menyimpan game mereka.

Meski kapasitas 1TB itu terlihat sudah cukup besar, perlu diingat bahwa game masa kini membutuhkan kapasitas yang juga besar, puluhan atau bahkan lebih dari 100GB.

Contohnya sudah bisa terlihat dari game yang bakal dirilis saat peluncuran PS5 nanti.

  • SackBoy: A Big Adventure (32GB)
  • Spider-Man: Miles Morales (50GB)
  • Spider-Man: Miles Morales Ultimate Launch Edition, yang termasuk Spider-Man: Remastered (105GB)
  • Demon's Souls (66GB)
  • Call of Duty: Black Ops Cold War (133GB)


Simak Video "Viral Netizen Pamer 'Punya' PS5 di Instagram, Begini Caranya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)