Kontroler PS5 Bisa Dipakai di HP Android dan PC

Kontroler PS5 Bisa Dipakai di HP Android dan PC

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 26 Okt 2020 14:40 WIB
PlayStation 5
Kontroler PS5 Bisa Dipakai di HP Android dan PC Foto: Sony Interactive Entertainment
Jakarta -

Sony mulai mengirimkan unit PlayStation 5 kepada media dan reviewer untuk diulas. Salah satunya YouTuber Austin Evans yang mengunggah video unboxing dan memperlihatkan detail kontroler DualSense baru milik PS5.

Dari segi tampilannya, kontroler DualSense memiliki desain yang serupa dengan kontroler DualShock milik PS4. Ada D-pad dan empat tombol di bagian atas, dua stik analog di bagian bawah, empat tombol trigger di belakang dan touchpad di bagian tengah.

Tapi Evans tidak menggunakan kontroler tersebut dengan unit PS5 yang ia dapatkan, jadi kita tidak melihat fitur DualSense seperti haptic feedback baru dan adaptive triggers.

Meski dalam kotak penjualannya Sony menuliskan bahwa DualSense hanya kompatibel dengan PS5, ternyata Evans bisa menghubungkan kontroler ini dengan Microsoft Surface Laptop Go menggunakan kabel dan Google Pixel 5 secara wireless, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Senin (26/10/2020).

Ia bahkan bisa memainkan game lewat layanan streaming Microsoft xCloud di Pixel 5, walau fungsi getarnya tidak dapat beroperasi dengan optimal.

PS4 Pro milik Evans juga bisa mengenali DualSense menggunakan koneksi kabel, tapi kontroler tersebut tidak bisa melakukan banyak hal di PS4 Pro kecuali menangkap suara dari mikrofon onboard-nya.

PS4 Pro juga bisa mengenali DualSense sebagai kontroler wireless, tapi tidak bisa digunakan untuk apa-apa. Evans juga mencoba menghubungkan DualSense dengan Xbox Series X, tapi hanya bisa mengisi ulang baterainya.

Evans kemudian membongkar bagian dalam kontroler ini dan mengungkap kapasitas baterai DualSense sebesar 1.560 mAh. Bagian belakang DualSense juga memiliki tekstur tonjolan kecil yang ternyata merupakan versi sangat kecil simbol segitiga, kotak, silang dan lingkaran yang ada di tombol.

PS5 dan kontroler Dual Sense akan mulai dijual pada 12 November di Amerika Serikat dan 19 November di negara-negara lainnya. Konsol ini dilepas dengan harga USD 499 dan kontroler DualSense bisa dibeli dengan harga USD 70.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)