Among Us, Popularitasnya Tak Sebanding Pendapatan

Among Us, Popularitasnya Tak Sebanding Pendapatan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 22 Okt 2020 19:50 WIB
honor of kings tumbang di china
Ilustrasi game mobile Honor of Kings. Foto: TiMi Studios/Tencent
Jakarta -

Kepopuleran Among Us belum tentu menjadikannya game mobile paling tertinggi soal meraup pendapatan. Lagi-lagi game besutan Tencent yang jadi juaranya.

Adalah Honor of Kings yang dinyatakan sebagai game mobile dengan pendapatan tertinggi pada bulan September kemarin menurut Sensor Tower, Kamis (22/10/2020). Honor of Kings mengantongi USD 240 juta atau setara Rp 3,5 triliun.

Sebagai catatan, angka pendapatan yang diraup Honor of Kings tersebut tidak termasuk toko Android sebagai pihak ketiganya.

Sensor Tower menyebutkan 96% pendapatan Honor of Kings bersumber dari China, asal negara mereka. Kemudian diikuti di belakangnya Taiwan 1,5% dan Thailand 1,2%.

Senyum Tencent tidak berhenti pada Honor of Kings jadi game mobile paling menguntungkan. PUBG Mobile yang juga di bawah naungan raksasa game China itu, berpenghasilan tertinggi kedua sebesar USD 198 juta pada September 2020.

Bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, pendapatan PUBG Mobile pada September mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun mencapai 13,3%. Pendapatan game battle royale ini berasal dari China juga, yang punya game dengan judul lokal, Game For Peace, mencapai 56,4% yang setelah itu 12,4% dari AS.

Anehnya, tidak ada nama Among Us sebagai predikat game yang sedang naik daun di tengah pandemi saat ini. Among Us tampaknya masih belum memberikan keuntungan, meski game tersebut populer saat ini.

Secara keseluruhan game mobile paling manis keuntungannya, merupakan gabungan dari pendapatan bersumber Play Store dan App Store, yaitu Coin Master, Monster Strike, Pokemon Go, Roblox, Rise of Kingdoms, Candy Crush Saga, Gardenscapes, dan DBZ Dokkan Battle.



Simak Video "Gokil! Baru 2 Tahun, PUBG Mobile Raup Rp 43 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)