PS5 Bisa Rekam Suara untuk Cegah Pelecehan

PS5 Bisa Rekam Suara untuk Cegah Pelecehan

Josina - detikInet
Minggu, 18 Okt 2020 17:56 WIB
PS5
Foto: istimewa
Jakarta -

Sony baru-baru ini merilis update firmware versi 8.0 untuk PlayStation 4. Pengguna yang telah memperbarui konsolnya pada versi tersebut akan mendapatkan pesan dari Sony bahwa obrolan suara mereka direkam untuk tujuan moderasi.

Sony pun memberikan klarifikasi dengan memperjelas tujuan dari fitur rekam tersebut. Moderasi ini bertujuan untuk menghindari tindakan tidak menyenangkan seperti pelecehan, kata-kata kasar, bullying, dan lain-lain.

Dengan kata lain, fitur ini akan membantu pemain membuat laporan jika mengalami pelecehan atau bullying. Fitur ini juga rupanya akan tersedia di konsol terbaru Sony yang sebentar lagi akan dirilis, yakni PlayStation 5.

"Rekaman obrolan suara untuk moderasi adalah fitur yang akan tersedia di PS5 saat diluncurkan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam obrolan suara mereka di PS5 dan mengirimkannya untuk tinjauan moderasi," kata Sony seperti dilansir detikINET dari Ubergizmo.

"Tampilan yang kalian lihat di PS4 sekarang adalah untuk memberi tahu bahwa saat kalian berpartisipasi dalam obrolan dengan pengguna PS5 (pasca-peluncuran), mereka dapat mengirimkan rekaman tersebut dari konsol PS5 mereka ke SIE," sambungnya.

Meskipun sudah banyak developer yang menyediakan fungsi agar pemain game bisa melaporkan pemain lain atas perilaku yang tidak menyenangkan, ini pertama kalinya bagi Sony mengizinkan pengguna secara bawaan di perangkat dan software-nya untuk merekam obrolan suara dan mengirimkannya untuk moderasi.

Tidak dapat dipastikan apakah fitur ini akan mendorong para pemain untuk berperilaku lebih sopan, atau justru malah mengakibatkan lebih sedikit pemain yang menggunakan fitur obrolan suara.

Melansir dari The Verge update software 8.0 ini juga menambahkan avatar baru, kontrol komunikasi orangtua dan dukungan untuk aplikasi pengautentikasi untuk otentikasi dua faktor.

Dalam mempersiapkan peluncuran PS5, Sony telah mengganti nama aplikasi seluler PS4 Remote Play, Mac, dan PC menjadi PS Remote Play. Aplikasi tersebut dapat menghubungkan pemain ke PS5 yang akan dirilis secara resmi bulan depan.



Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/rns)