Sony Pamerkan Tampilan UI Baru PS5

Sony Pamerkan Tampilan UI Baru PS5

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 16 Okt 2020 14:13 WIB
tampilan halaman depan UI baru PS5
Sony Pamerkan Tampilan UI Baru PS5 (Foto: Screenshot/detikINET)
Jakarta -

Sony baru saja mengungkap salah satu fitur penting di PlayStation 5 yaitu tampilan user interface atau antarmuka di konsol generasi baru tersebut. Tampilan UI ini diperlihatkan lewat video walkthrough yang diunggah Sony di akun YouTube-nya.

Dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (16/10/2020) UI yang digunakan di PS5 terlihat jauh berbeda dibanding UI di PS4 yang lebih sederhana. Mirip seperti PS4, hal pertama yang akan menyambut gamer saat menyalakan PS5 adalah barisan game yang telah diinstal atau game yang tersedia.

Setelah memilih salah satu game, menu yang muncul akan memperlihatkan aktivitas yang spesifik dan mode game yang bisa langsung diluncurkan dari halaman depan. PS5 juga akan menampilkan berita dan klip video terkait game tersebut.

Sony mengatakan fungsi ini juga akan bisa diakses di game PS4 yang mendukung backwards compatibility dengan PS5.

Sony juga bereksperimen dengan menu Explore yang menampilkan berita resmi dari Sony dan developer game yang diikuti, serta video yang sedang trending dan klip dari gameplay. Tapi saat ini fitur tersebut baru diuji coba di Amerika Serikat jadi tidak semua pemain bisa mengaksesnya begitu PS5 meluncur.

[Gambas:Youtube]

Ada menu 'Control Center' baru yang bisa diakses kapan saja dengan menekan tombol PlayStation di kontroler DualShock. Menu ini menampilkan banyak fitur seperti melihat notifikasi, melihat teman yang sedang online, mengontrol musik, mengatur pengaturan konsol dan kontroler, dan melihat status download.

Ada juga sederet menu 'cards' yang menampilkan berita singkat dari developer game yang diikuti, koleksi screenshot, dan progres berjalannya game.

Salah satu opsi di menu cards adalah 'Activities' yang menampilkan level spesifik atau mode gameplay di dalam game. Memilih salah satu Activity akan memberikan gambaran umum tentang level tersebut, termasuk perkiraan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan level dan objek yang belum dicapai.

Beberapa game dan objektif juga memiliki 'Game Help' yang menampilkan video dan petunjuk untuk objektif spesifik di dalam game tanpa perlu mencari di Google atau YouTube. Tapi fitur ini hanya tersedia untuk pelanggan PlayStation Plus.

Sony juga memperluas fitur 'Parties' di PS5. Pemain kini bisa membagikan layar mereka dengan anggota Parties lainnya dan bahkan menyematkan gameplay tersebut di samping game yang sedang dimainkan.

Sony juga mempermudah cara membalas pesan teks di PS5. Kini PS5 mendukung fitur dikte baru yang bisa mengubah ucapan ke dalam bentuk teks, yang tentunya lebih mudah daripada mengetik menggunakan kontroler di keyboard yang ada di layar.

PS5 juga akan secara otomatis merekam 60 menit terakhir dari gameplay dalam format 1080p. Kalian juga bisa mengambil screenshot dan merekam hingga satu jam dalam format 4K dengan menekan tombol 'Create' di kontroler.

Fitur baru lainnya di PS5 adalah anti spoiler. Jika screenshot atau klip video yang ingin kalian bagikan ke teman berisi sesuatu yang berpotensi sebagai spoiler dan teman kalian memiliki game yang sama, sistem PS5 akan memberi tahu teman kalian sebelum membuka konten tersebut agar tidak mengganggu pengalaman bermainnya.

Sony akan meluncurkan PS5 di AS pada 12 November, dan di negara-negara lainnya pada 19 November. Konsol generasi kelima ini dilepas dengan harga USD 499 untuk edisi standar dan USD 399 untuk edisi digital.



Simak Video "Bongkar Jeroan Ajaib PlayStation 5"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)