Grafis PS5 dan Xbox Series X Nggak Ada Lawan!

Grafis PS5 dan Xbox Series X Nggak Ada Lawan!

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 09 Okt 2020 12:08 WIB
YouTuber gaming yang memamerkan wujud asli PS5.
Konsol PS5. Foto: Screenshoot
Jakarta -

PlayStation 5 atau PS5 dan Xbox Series X segera menyapa gamer pada akhir tahun 2020 ini. Spek powerful dari konsol game generasi baru ini memang mengagumkan, bahkan katanya nggak ada lawannya.

Pendiri developer game Gearbox, Randy Pitchford, menilai lompatan kemampuan grafis yang terjadi dari PS4 ke Ps5 dan dari Xbox One ke Series X adalah yang paling besar dalam sejarah konsol game.

"Saya pikir konsumen akan menyadari bagaimana besarnya perbedaan kapabilitas yang dibawa oleh platform baru tersebut," kata dia seperti dikutip detikINET dari Gamespot, Jumat (9/10/2020).

"Benar-benar seperti tidak nyata. Lompatan di PS5 dan Xbox Series X adalah yang paling besar yang pernah saya lihat di sejarah generasi konsol. Termasuk lompatan dari 2D ke 3D," tambah Randy.

Namun demikian, ada kemungkinan game-game pertama untuk konsol tersebut belum akan maksimal memanfaatkan kekuatan PS5 ataupun Xbox Series X. Terutama karena game-game perdana masih banyak yang berbasis konsol generasi silam.

"Sulit untuk melihat (kekuatan konsol baru) di titel-titel video game awal karena banyak dari mereka sudah ada sebelumnya," sebut Randy.

Belum lama ini, sejumlah wartawan dan YouTuber asal Jepang mendapat kesempatan untuk menjajal PS5. para media itu antara lain memuji kalau PS5 sangatlah senyap, alias suara kipas pendinginnya nyaris tak terdengar. Berbeda dengan PS4 yang suara kipasnya bisa dikatakan bising saat dipakai bermain game.

Soal performa, PS5 pun mendapat pujian meskipun media yang sudah mencoba belum bisa melihat tampilan antarmuka dan juga dashboardnya. Loading time untuk masuk ke dalam game disebut sangat kencang, memperlihatkan performa storage PS5 yang memang amat ngebut.



Simak Video "Perilisan PS5 di India Terhalang Masalah Merek Dagang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)