Akhirnya, Sony Bongkar Jeroan PS5

Akhirnya, Sony Bongkar Jeroan PS5

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 08 Okt 2020 11:06 WIB
Sony bongkar PS5
Sony Bongkar Jeroan PS5 (Foto: Screenshot/detikINET)
Jakarta -

Sony baru saja membongkar PlayStation 5 dalam sebuah video yang diunggah di YouTube. Video berdurasi tujuh menit ini memperlihatkan semua sisi PS5, termasuk komponen internalnya.

Video teardown tersebut dipandu oleh VP Mechanical Design Sony Interactive Entertainment Yasuhiro Ootori dalam bahasa Jepang. Ia membuka videonya dengan mengatakan bahwa ukuran PS5 lebih besar dibanding PS4 dan bagian belakangnya didominasi dengan exhaust port untuk mengurangi suara bising kipas.

"Ukurannya lebih besar dari PS4, tapi menghasilkan peningkatan performa yang dramatis dari segi power processing dan ketenangan," kata Ootori dalam video tersebut, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (8/10/2020).

Sony menggunakan fondasi yang diperkuat dengan sekrup jika ditempatkan dalam posisi vertikal. Pondasi ini bisa dilepas dan ditempel di bagian samping konsol jika ingin ditempatkan dalam posisi horizontal.

Panel berwarna putih yang ada di kedua sisi bisa dilepas dengan mudah. Begitu dilepas, akan terlihat kipas pendingin utama di bagian atas PS5 yang bisa menarik udara dari kedua sisi. Sony juga menggunakan dua penangkap debu yang bisa disedot dari dua lubang yang ada.

Video teardown ini juga memperlihatkan ruang untuk menempatkan SSD PCIe 4.0 tambahan lewat slot M.2 yang bisa diakses setelah melepas panel samping. Jadi pengguna PS5 bisa menambah kapasitas penyimpanan jika memori internal 825 GB yang disediakan tidak cukup.

[Gambas:Youtube]

Setelah melepaskan Blu-ray drive dari tempatnya, Ootori memperlihatkan otak PS5. Motherboardnya terdiri dari RAM 16 GB GDDR6 yang disusun dalam delapan model yang mengelilingi SoC-nya, yang terdiri dari CPU AMD Ryzen Zen 2 dan GPU AMD RDNA 2.

Kipas pendingin yang digunakan PS5 termasuk besar, dengan diameter 120mm dan tebal 45mm, dengan saluran udara dari dua sisi. Sony juga menggunakan heatsink untuk membantu proses pendinginan, dengan saluran udara yang kinerjanya diklaim sama seperti vapor chamber.

Konsol generasi terbaru ini juga menggunakan liquid metal untuk mendinginkan internalnya, yang diharapkan bisa mengurangi suara bising kipas yang sebelumnya menghantui PS4.

Sony mengatakan mereka menghabiskan dua tahun untuk mengembangkan pendingin metal liquid ini, dan melakukan beragam tes untuk memastikan teknologi ini adalah solusi jangka panjang yang stabil.

Saat mengembangkan PS5 selama lima tahun, Sony mengatakan mereka fokus untuk mengurangi tingkat kebisingan kipas dan meningkatkan metode pendinginan.

Sepertinya upaya Sony mengembangkan teknologi ini tidak sia-sia, karena berdasarkan video hands-on dari blogger dan YouTuber Jepang yang sudah menjajal PS5 mengatakan bahwa konsol ini tidak bising dan tetap dingin saat dimainkan.

Sony akan meluncurkan PS5 di Amerika Serikat pada 12 November mendatang, dan di wilayah lainnya pada 19 November. Konsol ini dilepas dengan harga USD 499 (Rp 7,3 juta) dan Digital Editionnya dibanderol USD 399 (Rp 5,9 juta).



Simak Video "Perilisan PS5 di India Terhalang Masalah Merek Dagang"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)