Luna, Layanan Cloud Gaming Anyar dari Amazon

Luna, Layanan Cloud Gaming Anyar dari Amazon

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 28 Sep 2020 16:53 WIB
Amazon Luna
Luna, Layanan Cloud Gaming Anyar dari Amazon (Foto: Dok. Amazon)
Jakarta -

Tak mau kalah dari Google, Microsoft, dan Nvidia, Amazon pun meluncurkan layanan cloud gamingnya sendiri yang bernama Luna.

Sesuai namanya, Luna membuat pengguna Fire TV, desktop, ataupun perangkat mobile, bisa bermain game tanpa harus mengunduh dan menginstal game tersebut, karena data game yang dimainkan tersimpan di cloud, sama seperti Google Stadia dan Microsoft xCloud.

Luna mempunyai sejumlah kanal berbeda di mana penggunanya bisa berlangganan dan mengakses konten berbeda. Contohnya kanal utama Luna+ di mana pengguna bisa memainkan game seperti Resident Evil 7, Control, Panzer Dragoon, A Plague Tale: Innocence, The Surge 2, Yooka-Laylee, GRID, dan banyak game lain.

Di kanal tersebut penggunanya bisa memainkan game dengan resolusi 1080p dan frame rate 60fps. Amazon menjanjikan dukungan resolusi 4K nantinya akan dihadirkan, dan pengguna bisa bermain di dua perangkat sekaligus dengan satu akun.

Biaya berlangganan Luna+ untuk masa awal ini adalah USD 6 per bulan, dan dijanjikan akan terus mendapat game baru, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Senin (28/9/2020).

Lalu Amazon juga menyediakan kanal khusus untuk Ubisoft, di mana pelanggannya bisa mengakses game-game buatan Ubisoft seperti seri Assassins Creed, Far Cry, dan Immortals Fenyx Rising, bahkan sejak hari pertama game tersebut dirilis.

Sejumlah judul bakal tersedia dalam versi ultimate dengan DLC. Namun bedanya dengan kanal Luna+, pengguna hanya bisa menggunakan satu perangkat dalam satu waktu, dan tarif berlangganannya pun belum diungkap saat ini.

Amazon LunaAmazon Luna Foto: Dok. Amazon

Ke depannya, bukan tak mungkin layanan cloud gaming Luna akan diintegrasikan dengan Twitch, yang juga dimiliki oleh Amazon.

Luna bakal beroperasi secara penuh di Fire TV Stick, dan juga di PC serta Mac menggunakan aplikasi desktop. Sementara untuk iPhone dan iPad, Luna bisa diakses lewat web apps, dan sejauh ini belum ada dukungan untuk Android.

Game di Luna bisa dimainkan lewat keyboard, mouse, ataupun kontroler Bluetooth yang sudah ada. Namun Amazon juga menjual Luna Controller yang terhubung langsung ke WiFi, sama seperti kontroler Stadia.

Amazon LunaAmazon Luna Foto: Dok. Amazon

Menurut Amazon, kontroler yang terhubung langsung ke WiFi ini bisa mengurangi latensi antara 17 sampai 30ms. Luna Controller juga bisa dipakai untuk bermain di perangkat berbeda, dan bisa berpindah secara instan. Harganya? USD 50.

Sayangnya, seperti layanan cloud gaming lain, Luna baru tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat. Itu pun penggunanya harus meminta 'undangan' untuk bisa menjajal Luna, dan belum diketahui kapan layanan ini akan terbuka secara bebas.



Simak Video "Deretan Raksasa Teknologi di AS yang Diklaim Nikmati Monopoli"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)