Kreatif! Stik Xbox Dimodifikasi untuk Main Flight Simulator

Kreatif! Stik Xbox Dimodifikasi untuk Main Flight Simulator

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 27 Sep 2020 09:18 WIB
Microsoft Flight Simulator
Foto: Microsoft
Jakarta -

Peluncuran Microsoft Flight Simulator terbaru membuat banyak penggemar game tersebut bela-belain membeli joystick khusus yang lebih nyaman dipakai.

Namun berbeda dengan Akaki Kuumeri, seorang YouTuber yang sering bereksperimen dengan printer 3D. Ia memanfaatkan keahlian di printer 3D itu untuk memodifikasi stik Xbox One menjadi hands on throttle-and-stick, atau lazim disingkat menjadi HOTAS.

Dalam modifikasinya itu, Kuumeri membuat stik tambahan yang terhubung dengan joystick bagian kanan di stik Xbox One. Juga tongkat ala throttle pesawat yang terhubung ke tombol trigger kiri (LT).

Microsoft Flight SimulatorKreatif! Stik Xbox Dimodifikasi untuk Main Flight Simulator Foto: Microsoft

Tak lupa ia juga membuat dudukan khusus untuk meletakkan stik tersebut di meja, yang membuat kontroler Xbox One itu benar-benar terlihat seperti sebuah HOTAS, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (26/9/2020).

Proses modifikasi tersebut divideokan dan diposting ke akun YouTube-nya. Tak cuma itu, ia pun menyertakan file printer 3D untuk bisa dipraktikkan sendiri bagi yang tertarik. Biaya modifikasi ini menurut Kuumeri hanya USD 10, dan proses pembuatannya tak sampai setengah hari.

Lewat sebuah postingan di Reddit Kuumeri menyebut ada beberapa bagian dari skema buatannya itu tak bisa berfungsi di kontroler Xbox 360 dan PS4. Namun ia mengaku mungkin akan membuat skema khusus untuk kontroler tersebut.

Jadi bagaimana menurut detikers, apakah anda tertarik untuk mengikuti modifikasi ini, atau lebih baik membeli joystick HOTAS saja?

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Mantap! Pegawai Microsoft Boleh WFH Selamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)