Nostalgia Microsoft Flight Simulator dari Masa ke Masa

Nostalgia Microsoft Flight Simulator dari Masa ke Masa

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 23 Sep 2020 20:11 WIB
Microsoft Flight Simulator
Nostalgia Microsoft Flight Simulator dari Masa ke Masa (Foto: Microsoft)
Jakarta -

Ada video menarik yang dipamerkan Microsoft dalam pembukaan konferensi Ignite, yaitu perkembangan Microsoft Flight Simulator sejak game simulasi tersebut diluncurkan pada 1982.

Lewat video ini, bisa dilihat perkembangan game di PC selama 38 tahun ke belakang, sampai akhirnya di Microsoft Flight Simulator yang terbaru bisa menampilkan peta dunia yang akurat secara real time.

Video tersebut dimulai dengan menampilkan game Flight Simulator 1.0, yang pertama dirilis pada 1982 untuk PC IBM-compatible. Di game tersebut penggunanya bisa menerbangkan Cessna 182 melewati New York, Seattle, Los Angeles, dan Chicago.

Lalu di Flight Simulator 2.0 yang dirilis pada 1984 terlihat peningkatan grafis secara keseluruhan dan pembaruan yang paling penting: Dukungan untuk joystick. Lalu di versi 3.0 keluaran 1988 diperlihatkan adanya penambahan jenis pesawat dan tampilan yang bisa dikustomisasi.

Flight Simulator 4.0 punya lebih pembaruan lebih lanjut, yaitu pemilihan cuaca secara acak dan pemandangan yang dinamis untuk meningkatkan pengalaman bermain. Flight Simulator versi ini pun untuk pertama kalinya mendukung perangkat Mac.

Pada 1993 ada Flight Simulator 5.0, yang mendukung sistem tekstur baru yang membuat game tersebut semakin realistis. Sistem pada Flight Simulator untuk Windows 95 yang dirilis pada 1996 punya frame rate lebih tinggi dan pilihan pesawat yang lebih banyak.

Pembaruan besar juga ada di Flight Simulator 2000 keluaran 1999, di mana game 3D sudah semakin populer. Namun peningkatan kualitas grafis yang besar terjadi di Flight Simulator 2002 keluaran 2001, di mana ada fitur kokpit virtual 3D yang -- pada masanya -- terlihat sangat impresif, karena bisa membuat gamernya merasakan layaknya menjadi seorang pilot dengan tampilan kokpit yang realistis.

Namun tentunya, Flight Simulator terbaru yang dirilis Microsoft pada 2020 ini adalah yang paling realistis. Dengan tampilan peta digital yang sangat memukau karena didukung kecerdasan buatan Azure, perubahan cuaca real time, dan pilihan pesawat yang sangat banyak.

[Gambas:Youtube]






Simak Video "Mantap! Pegawai Microsoft Boleh WFH Selamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)
Debat Capres AS