Xbox Series X Jadi Konsol Pertama Pakai Dolby Atmos

Xbox Series X Jadi Konsol Pertama Pakai Dolby Atmos

Josina - detikInet
Selasa, 15 Sep 2020 15:45 WIB
xbox series s dan xbox series x
Xbox Series X. Foto: Twitter/@_h0x0d_
Jakarta -

Dolby telah mengumumkan bahwa Xbox Series S dan Series X akan menjadi konsol pertama yang akan didukung dengan Dolby Atmos 3D dan Dolby Vision HDR.

Untuk dukungan suara surround Dolby Atmos 3D akan diaktfikan saat peluncuran game besutan Microsoft tersebut, sedangkan untuk visual Dolby Vision HDR akan datang pada tahun 2021.

Dilansir detiKINET dari The Verge, dengan Dolby Vision perusahaan menjanjikan highlight 40 kali lebih terang, shadow 10 kali lebih gelap, dan color depth hingga 12-bit. Namun ini akan sangat bergantung pada TV atau layar pengguna.

Dolby atmos dan visionDolby atmos dan vision Foto: Dolby

Itu karena sebagian besar layar hanya mendukung kedalaman warna hingga 10-bit dan hanya sedikit yang mendekati tingkat kecerahan maksimum yang dimiliki Dolby Vision.

Untuk Dolby Atmos sebenarnya sebelumnya sudah ada di Xbox One namun dukungan tersebut hanya berfungsi dengan Netflix dan media streaming lainnya bukan khusus Game.

Tapi di Xbox Series X dan S, Dolby Vision dan Atmos akan bekerja dengan media streaming dan game yang telah didukung. Adapun Xbox One X secara teknis mendukung Dolby Vision untuk bermain game namun fiturnya tak pernah keluar dari fase pengujian.

Saat ini pengguna dapat memainkan beberapa game di PC menggunakan Dolby Vision HDR seperti Battlefield 1, tetapi belum pernah ada dukungan untuk konsol secara penuh. Dolby Vision umumnya menawarkan pengalaman HDR lebih baik daripada HDR10 biasa, karena menggunakan "metadata dinamis" yang dibenamkan.

Hal itu memungkinkan pembuat konten memanfaatkan kecerahan dan akurasi warna ekstra yang ditawarkan HDR. Ongkos dari Dolby Vision adalah pencipta dan produsen perangkat keras harus membayar biaya lisensi.

Dari sisi pesaingnya, Sony belum mengumumkan dukungan game PlayStation 5 apapun untuk Dolby Atmos atau Dolby Vision.



Simak Video "Microsoft Pamerkan Spesifikasi Xbox Series X"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)