Harga Xbox Series X Sudah Diungkap, PS5 Kapan?

Harga Xbox Series X Sudah Diungkap, PS5 Kapan?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 11 Sep 2020 15:10 WIB
Xbox Series X vs PS5
Harga Xbox Series X Sudah Diungkap, PS5 Kapan? (Foto: Tom's Guide)
Jakarta -

Microsoft mencuri start di persaingan konsol generasi selanjutnya dengan mengungkap tanggal peluncuran dan harga Xbox Series S dan Series X. PS5 kapan?

Xbox Series S dan Series X dipastikan bakal meluncur pada 10 November 2020, dengan harga USD 299 atau sekitar Rp 4,4 juta untuk Series S dan USD 499 atau sekitar Rp 7,4 juta untuk Series X. Series S yang harganya lebih murah memang menarik, namun dipertanyakan apakah konsol ini layak disebut konsol generasi selanjutnya alias next gen.

Pasalnya Series S hanya punya sepertiga dari kemampuan grafis dari Series X dan tak sampai setengahnya dari kemampuan grafis PS5, meski semuanya menggunakan arsitektur chip grafis yang sama, yaitu AMD RDNA 2.

Namun sampai saat ini, Sony baru mengungkap waktu peluncuran PS5, yang mereka sebut bakal meluncur pada musim liburan 2020. Sementara soal harganya memang belum diungkap.

Baik Sony maupun Microsoft sebenarnya memang menahan untuk tak mengungkap harga konsolnya terlebih dahulu, karena pesaingnya bisa mengambil keuntungan dari harga yang muncul lebih dulu.

Jika terlalu tinggi, kompetitornya bisa dengan mudah mengatur harga yang lebih rendah. Namun jika terlalu rendah, mereka bisa merugi karena meninggalkan potensi keuntungan yang lebih tinggi, atau bahkan bisa menjual produknya dengan harga rugi.

Nah, berhubung Microsoft sudah terpaksa mengungkap harga Xbox Series S dan Series X, tak ada alasan lagi bagi Sony untuk menahan diri dalam mengungkap harga PS5. Meski mungkin Sony juga masih mencari cara agar tetap bisa bersaing dengan Series S yang harganya cuma USD 299.

Sebabnya, dalam sejarah konsol, harga serendah itu terakhir ada pada Xbox 360, itu pun untuk varian termurahnya. Jika tidak, harga USD 299 itu terakhir ada di Xbox generasi pertama dan PS2 yang dirilis pada tahun 2000.

Dengan menghitung inflasi yang terjadi selama 20 tahun ke belakang, maka sebenarnya harga USD 299 tak lagi realistis, karena USD 299 di tahun 2000 setara dengan USD 450 di tahun 2020.

Sementara itu, pada April lalu, Bloomberg menulis bahwa Sony kesulitan membuat konsol dengan harga murah, karena langkanya komponen dan harga memori yang tengah meningkat. Sony disebut membutuhkan USD 450 untuk memproduksi PS5, belum mempertimbangkan biaya lainnya, seperti riset, dan lain sebagainya. Bahkan Sony pun disebut pernah mempertimbangkan untuk menjual PS5 dengan harga rugi.

Menurut detikers, berapa ya harga PS5 saat nanti dirilis?



Simak Video "Ibrahimovic Bagi-bagi PS5 ke Para Pemain AC Milan"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)