Tantangan Telkomsel Bikin Turnamen Esports di Tengah Pandemi

Tantangan Telkomsel Bikin Turnamen Esports di Tengah Pandemi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 24 Agu 2020 16:00 WIB
´╗┐Melalui Indonesia Games Championship (IGC) yang digelar oleh Dunia Games, Telkomsel berkomitmen untuk memajukan industri mobile gaming Tanah Air.
Tantangan Telkomsel Bikin Turnamen Esports di Tengah Pandemi (Foto: Telkomsel)
Jakarta -

Telkomsel lewat Dunia Games dan Garena kembali mengadakan turnamen esports Indonesia Games Championship (IGC) 2020. Di tahun ketiganya, kompetisi ini terpaksa bergeser menjadi turnamen online karena pandemi virus Corona.

Untuk gelaran sebelumnya yang berlangsung pada tahun 2017 dan 2018, IGC selalu diadakan secara offline di Balai Kartini. Ini pertama kalinya Telkomsel mengadakan IGC secara online dan ada tantangan tersendiri dalam mewujudkan turnamen ini di tengah pandemi.

General Manager Games and Publishing Telkomsel Auliya Ilman Fadli mengatakan tantang terbesar mengadakan IGC 2020 adalah saat sosialisasi dan kampanye. Biasanya mereka mengadakan sosialisasi ke sekolah dan tempat nongkrong, tapi kali ini sosialisasi juga harus secara online.

"Karena berhubung pandemi jadi kami lebih banyak fokus campaign dan sosialisasi itu melalui media sosial dan digital," kata pria yang biasa disapa Fadli ini dalam konferensi pers virtual, Senin (24/8/2020).

"Itu ada tantangan tersendiri karena begitu banyak informasi yang berseliweran jadi kami harus benar-benar memilah target yang tepat untuk dipromokan," sambungnya.

Turnamen ini dimulai pada Juli untuk tahap kualifikasi. Secara total, IGC 2020 diikuti lebih dari 34 ribu gamer yang terbagi dalam 8.200 tim dan berasal dari 457 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Saat turnamen dimulai Telkomsel juga tertantang karena jika biasanya pemain dikumpulkan di satu arena, kali ini semua peserta bertarung dari rumahnya masing-masing. Telkomsel pun harus bekerja keras untuk menjamin jaringan internet gamer agar tetap stabil selama turnamen.

Anak usaha Telkom ini bahkan mendata semua peserta dan menanyakan lokasi tempat tinggal mereka saat pendaftaran agar jaringan di lokasi mereka bisa ditingkatkan.

"Tujuannya adalah kita bisa lakukan improvement network di tempat pemain-pemain ini berada sehingga experience mereka bermain menggunakan network Telkomsel tidak terganggu. Jadi nggak ada bedanya mau main di tempat yang sama atau dari rumahnya itu experience-nya tetap sama," pungkasnya.

IGC 2020 saat ini sudah memasuki babak playoff yang berlangsung pada 24-26 Agustus 2020, dan dilanjutkan pada grand final pada 27-30 Agustus 2020. 64 Tim yang tersisa akan memperebutkan kesempatan untuk memenangkan hadiah total Rp 1,6 miliar.



Simak Video "KONI: eSports Resmi Jadi Cabang Olahraga"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)