64 Tim Esports Bertarung untuk Masuki Grand Final IGC 2020

64 Tim Esports Bertarung untuk Masuki Grand Final IGC 2020

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 24 Agu 2020 14:11 WIB
´╗┐Melalui Indonesia Games Championship (IGC) yang digelar oleh Dunia Games, Telkomsel berkomitmen untuk memajukan industri mobile gaming Tanah Air.
64 Tim Esports Bertarung untuk Masuki Grand Final IGC 2020 (Foto: Telkomsel)
Jakarta -

Turnamen esports Indonesia Games Championship (IGC) 2020 yang diadakan Telkomsel dan Garena sudah memasuki babak playoff. 64 tim yang tersisa akan bertarung untuk mendapatkan tempat di grand final dan kesempatan untuk memenangkan hadiah total Rp 1,6 miliar.

Tahap kualifikasi IGC 2020 telah berlangsung pada bulan Juli dan Agustus. Dalam gelaran ketiganya, IGC tahun ini berpindah menjadi turnamen online karena pandemi virus Corona.

"Saya pribadi sangat bersyukur karena kembalinya IGC di masa pandemi ini ternyata berhasil mendapat sambutan yang luar biasa," kata Direktur Utama PT Telkomsel Setyanto Hantoro dalam konferensi pers virtual, Senin (24/8/2020).

"Pesertanya berasal dari seluruh Indonesia, saat ini diikuti lebih dari 34 ribu peserta," sambungnya.

34 ribu peserta tersebut tergabung dalam 8.200 tim yang berasal dari 457 kabupaten dan kota di Indonesia. Mereka datang dari seluruh penjuru Indonesia, dari Sumatera hingga Papua.

Pria yang biasa disapa Anto ini mengatakan IGC 2020 adalah turnamen esports yang bersifat grassroots karena tidak hanya menyasar seluruh wilayah Indonesia tapi juga menyasar tim dan gamer amatir. Mereka diberi kesempatan untuk bertarung melawan tim profesional yang sudah malang melintang di turnamen nasional.

IGC 2020 mempertandingkan empat game yaitu Free Fire, Call of Duty: Mobile, dan Arena of Valor yang terbagi dalam tim laki-laki dan perempuan, serta League of Legends yang hanya diikuti tim laki-laki.

Gamer wanita sepertinya menyambut positif konsep turnamen yang lebih inklusif ini, mengingat ada 1.200 gamer wanita dalam 300 tim yang berpartisipasi.

"Kita memberikan kesempatan yang sama kepada laki-laki maupun perempuan untuk ikut dalam games ini dan kita terus terang sangat mengapresiasi seluruh tim esports yang berpartisipasi dalam IGC 2020," kata Anto.

Meski gelaran ini berlevel nasional, ada juga tim esports dari Filipina, Singapura dan Malaysia yang ikut bertanding.

Babak playoff IGC 2020 akan berlangsung pada 24-26 Agustus 2020, dilanjutkan dengan grand final yang akan diadakan pada 27-30 Agustus 2020. Penggemar esports bisa menonton turnamen online ini lewat situs igc.duniagames.co.id atau aplikasi MAXstream.



Simak Video "KONI: eSports Resmi Jadi Cabang Olahraga"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)