Penjualan PS5 Diramal Menang Telak dari Xbox Series X

Penjualan PS5 Diramal Menang Telak dari Xbox Series X

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 10 Agu 2020 14:42 WIB
Xbox Series X vs PS5
Xbox Series X vs PS5. Foto: Tom's Guide
Jakarta -

Konsol game PlayStation 5 atau PS5 dan Xbox Series X bakal sama-sama meluncur menjelang akhir tahun 2020 ini. Mana yang paling laris, analis sudah coba memprediksinya. PS5 diproyeksi bakal menang telak.

Seperti dikutip detikINET dari Forbes, laporan dari DFC Intelligence menyebutkan prediksi itu, di mana PS5 bakal terjual dua banding satu dibandingkan Xbox Series X. Lantas, apa penyebabnya?

"Microsoft mencoba yang terbaik dengan Xbox Series X, tapi beberapa bulan belakangan mereka jauh di belakang Sony. Preferensi brand dengan kuat mengarah ke PlayStation. Sebagai sebuah hardware, tidak ada yang bisa dilakukan Xbox Series X untuk mengubah persepsi itu," tulis mereka.

"Sony juga kekuatan global di video game. Microsoft hanya kuat di pasar negara berbahasa Inggris. Xbox tidak hadir di Jepang dan lemah di kebanyakan negara Eropa. Kekuatan Sony dalam distribusi elektronik global terlalu kuat untuk ditandingi Microsoft," tambah DFC.

Prediksi sebelumnya menyebutkan hal yang sama. Ampere Analysis misalnya, memperkirakan Sony akan menjual 4,6 juta unit PS5 pada akhir 2020. Sedangkan Microsoft diprediksi akan menjual 3,3 juta unit Xbox Series X pada periode yang sama.

Tidak hanya prediksi hingga akhir 2020, Ampere Analysis juga memprediksi penjualan kedua konsol generasi baru ini hingga tahun 2024. Walau awalnya jarak keduanya terbilang tidak begitu jauh, dalam waktu empat tahun Sony akan semakin jauh meninggalkan Microsoft.

Pada akhir 2024, laporan ini memperkirakan Sony akan menjual 66 juta unit PS5, sedangkan Xbox Series X akan terjual sebanyak 37 juta unit.

Microsoft mungkin menyadari itu sehingga mereka coba menunjukkan kehebatan Xbox Series X. Phil Spencer selaku bos Xbos mengaku menyaksikan event PS5 lalu memberi selamat pada presiden Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan. Tapi di sisi lain, ia merasa makin percaya diri pada Xbox Series X.

"Jujur saja, saya merasa senang setelah melihat show PS5. Saya pikir keunggulan hardware yang kami buat akan kentara saat kita lebih banyak bicara tentang game kami dan frame rate dan hal lainnya," kata dia.



Simak Video "Ibrahimovic Bagi-bagi PS5 ke Para Pemain AC Milan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)