AMD: Chip PS5 dan Xbox Series X Bakal Tepat Waktu

AMD: Chip PS5 dan Xbox Series X Bakal Tepat Waktu

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 30 Jul 2020 09:21 WIB
AMD
Foto: Ryzen
Jakarta -

CEO AMD Lisa Su menjanjikan kehadiran chip untuk PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Series X yang mereka buat akan hadir tepat waktu.

Chip yang dimaksud adalah prosesor dan GPU berbasis arsitektur Zen 3 dan RDNA 2 7nm, yang bakal menjadi otak di dua konsol terbaru tersebut. Dalam earning call dengan para investor pada Q2 2020 ini, Su memastikan AMD sudah mulai memproduksi dan mengapalkan chip untuk konsol yang bakal dijual pada musim liburan 2020 ini.

Tak cuma itu, Su juga menjanjikan prosesor dan GPU untuk PC dengan arsitektur tersebut juga akan dirilis sesuai dengan jadwal, yaitu pada 2020 ini. Berbeda dengan Intel yang sebelumnya sudah menunda kehadiran CPU 7nm-nya ke tahun 2022.

Sebelumnya diberitakan, Intel mengaku mengalami masalah pada produksi chip 7nm-nya, dan kehadiran prosesor dengan proses tersebut paling cepat baru bisa terjadi pada 2022.

Kehadiran tersebut awalnya direncanakan akan hadir pada akhir 2021, namun akibat masalah tersebut kehadirannya ditunda enam bulan. Hal ini diumumkan Intel pada laporan keuangan Q2 2020 mereka.

Q2 2020 dianggap sukses oleh Su, dan sebagian besar kesuksesan itu disumbang oleh prosesor Ryzen 4000 mobile yang banyak dipakai di sejumlah laptop bagus. Prosesor AMD tersebut menurutnya mempunyai tenaga yang tinggi namun dengan konsumsi daya yang relatif irit untuk harganya.

Bahkan menurutnya, pemasukan AMD dari lini prosesor tersebut meningkat sangat cepat dibanding prosesor mobile lain dalam sejarah AMD, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (30/7/2020).

Meski begitu, kinerja keuangan AMD untuk 2020 ini masih belum terlalu jelas karena pandemi Corona yang tak kunjung berakhir. Namun setidaknya sejauh ini mereka bisa menarik perhatian para konsumen dengan kehdiran prosesor dan GPU barunya yang masih sesuai dengan jadwal.



Simak Video "Perilisan PS5 di India Terhalang Masalah Merek Dagang"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)