Minggu, 22 Mar 2020 15:16 WIB

Ajaibnya PUBG Mobile, Dibuat Hanya dalam 4 Bulan

Aisyah Kamaliah - detikInet
PUBG Mobile Ajaibnya PUBG Mobile, Dibuat Hanya dalam 4 Bulan. Foto: dok. PUBG
Jakarta -

Dua tahun lalu, Tencent Games meluncurkan PUBG Mobile dengan ukuran 2 GB dengan pengalaman yang sama dengan Player Unknown's Battlegrounds di PC. Mungkin tidak disangka jika game ini begitu populer sekarang, jika merunut ke belakang, game ini hanya makan waktu 4 bulan dalam proses pembuatannya. Kok bisa?

Ketika Tencent baru-baru merayakan ulang tahun kedua PUBG, direktur Rick Li mulai membicarakan pembuatan PUBG Mobile. "Kita bisa melihat semakin populernya kategori ini di pasar permainan, jadi proyek ini dimulai sesuai urgensi," kata Li seperti dikutip dari Polygon.

Reaksi dari pemain terhadap PUBG mendorong Tencent terpacu untuk mengembangkan game dengan cepat. Dengan segera, mereka mengumpulkan talenta top di studio untuk berfokus dalam proyek ini. Ajaibnya, mereka hanya butuh waktu empat bulan.

"Itu adalah Mission: Impossible setiap hari," ujarnya.

Masih kata Li, tantangan terbesar adalah mendapatkan gambar dan lingkungan yang sesuai dengan game asli untuk dimuat serta dapat ditampilkan lancar di perangkat mobile.

"Kami perlu mengatasi banyak kesulitan teknis dan artistik, termasuk HDR real-time lighting, simulating ballistic trajectories, dan sebagainya," sambungnya.

Di luar tim utama PUBG Mobile, Lightspeed & Quantum juga membentuk tim khusus untuk setiap fitur yang sulit. Yang dikerjakan terlebih dahulu adalah untuk perangkat high-end dan kemudian mengoptimalkan model yang ada di seri bawahnya. Fokusnya adalah, Tencent ingin permainan terlihat terbaik tetapi tetap menyenangkan dan lancar untuk pemain dengan ponsel low-end sekalipun.

"Banyak pengguna di China tidak memiliki akses ke PC atau konsol, tetapi mereka masih ingin bermain game," kata Neo Liu, Head of Games Publishing Tencent di Amerika Utara dan Selatan.

"Tapi akhir-akhir ini, semua orang harus memiliki perangkat pintar. Jadi ini adalah cara yang baik bagi kita untuk mengakses sejumlah besar pengguna sambil menghadirkan pengalaman bermain game terbaik bagi mereka," tandasnya.



Simak Video "Fitur Baru di PUBG Mobile 0.16.5"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)