Sony Ungkap Spesifikasi Lengkap PS5

Sony Ungkap Spesifikasi Lengkap PS5

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 19 Mar 2020 14:45 WIB
Logo PS5
Sony Ungkap Spesifikasi Lengkap PS5 (Foto: Dok. Sony)
Jakarta -

Sony akhirnya mengungkap spesifikasi lengkap PlayStation 5 (PS5), konsol yang akan mereka rilis pada akhir 2020 ini. Seperti apa speknya?

PS5 akan menggunakan CPU custom delapan core dengan arsitektur AMD Zen 2, yang masing-masing corenya punya kecepatan 3,5 GHz. Sementara GPU-nya menggunakan arsitektur AMD RDNA 2 dengan 36 compute unit dengan masing-masing kecepatannya 2,23 GHz, yang menjanjikan kekuatan 10,28 teraflop.

Sony Ungkap Spesifikasi Lengkap PS5Foto: Istimewa

RAM yang dipakai berkapasitas 16GB GDDR6 dan SSD custom berkapasitas 825 GB. SSD inilah yang membuat Sony bisa menjanjikan loading game yang super kencang di PS5, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (19/3/2020).

Pada akhir 2019 lalu, Sony sempat memamerkan loading game Spider-Man dengan konsol terbarunya ini. Pada PS5, game tersebut bisa dibuka dalam waktu kurang dari sedetik, sementara di PS4 membutuhkan sekitar delapan detik.

Bos Hardware PlayStation Mark Cerny menyebut SSD di PS5 bisa membaca data sebesar 5GB dalam satu detik, berbanding 20 detik untuk membaca data 1GB di PS4. Custom SSD yang ada di PS5 ini sebenarnya adalah SSD NVMe, namun yang memenuhi syarat Sony, yaitu berkecepatan setidaknya 5,5GB/s.

Sony Ungkap Spesifikasi Lengkap PS5Foto: Istimewa

Storage di PS5 juga bisa ditambahkan menggunakan perangkat semacam flash disk, namun storage tambahan ini hanya bisa dipakai memainkan game PS4, karena game game PS5 didesain untuk berjalan di storage dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi.

Ya, PS5 memang bakal kompatibel dengan semua game PS4 tanpa perlu adanya perubahan dari sisi developer, meski developer juga tetap bisa melakukan perubahan di gamenya itu agar bisa berfungsi lebih baik di PS5.



Simak Video "Penampakan dan Jeroan PlayStation 5 yang Menggoda Iman"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)