E3 2020 Batal, Peluncuran Xbox Series X Lewat Streaming

E3 2020 Batal, Peluncuran Xbox Series X Lewat Streaming

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 13 Mar 2020 16:39 WIB
Xbox Series X
E3 2020 Batal, Peluncuran Xbox Series X Lewat Streaming. (Foto: dok. Xbox)
Jakarta -

Dibatalkannya gelaran Electronic Entertainment Expo (E3) 2020 karena virus corona membuat para partisipan event game akbar ini putar otak untuk mengubah acara peluncuran, seperti yang dilakukan Microsoft.

Awalnya, Microsoft diprediksi akan memanfaatkan E3 sebagai panggung peluncuran Xbox Series X di bulan Juni. Kemunculan seri terbaru Xbox juga dinantikan. Apalagi Xbox akan menjadi bintang utama karena absennya PlayStation sejak dua tahun berturut-turut.

Sayangnya, hal tersebut tidak jadi terlaksana karena E3 2020 batal. Xbox Head Phil Spencer melalui tweetnya mengungkapkan rencana untuk mengubah acara peluncuran Xbox terbaru melalui cara digital, yaitu lewat video streaming.

"E3 selalu menjadi momen penting bagi tim Xbox. Dengan keputusan (pembatalan E3) ini, tahun ini kami akan merayakan generasi gaming terbaru dengan komunitas @Xbox dan semua gamer lewat acara digital. Adapun waktu dan detail lainnya akan menyusul dalam beberapa pekan mendatang," tulisnya.

Sebelumnya, berbagai bocoran mengenai Xbox Series X sudah ramai beredar. Perangkat ini digadang-gadang akan lebih gahar dibanding generasi pendahulunya.

Microsoft memastikan performa GPU Xbox Series X akan mencapai 12 teraflop. Angka ini dua kali lebih tinggi dibanding Xbox One X dan delapan kali lebih tinggi dari Xbox One original.

Konsol baru ini akan ditenagai oleh CPU Zen2 dan GPU RDNA 2 dari AMD. GPU ini akan menggunakan teknik Variable Rate Shading yang memungkinkan efek untuk fokus di satu objek, bukan di seluruh layar.

Dari segi grafis, Microsoft juga menekankan bahwa Xbox Series X akan menggunakan hardware accelerated DirectX Raytracing untuk pencahayaan yang true-to-life, refleksi yang akurat dan akustik yang realistis secara real time. Selain itu perangkat ini akan menggunakan SSD NVMe yang bisa mempercepat proses loading secara signifikan.

Xbox Series X juga akan mendukung gaming 8K dengan frame rate hingga 120 fps. Untuk mengurangi input lag di TV, Microsoft telah bekerja sama dengan forum HDMI dan produsen TV untuk mengaktifkan Auto Low Latency Mode dan Variable Refresh Rate untuk HDMI 2.1.

Selain spesifikasi di atas, Microsoft memperkenalkan beberapa fitur baru yang akan hadir seperti 'Quick Resume'. Fitur serupa awalnya sudah dikenalkan di Xbox One, tapi Quick Resume yang satu ini akan memungkinkan gamer melanjutkan beberapa game dari posisi sleep.

Tambahan lainnya, Xbox Series X akan punya fitur 'backward compatibility' dengan game untuk Xbox original, Xbox 360 dan Xbox One. Jadi gamer yang membeli game alam versi Xbox One akan bisa memainkannya di Xbox Series X tanpa perlu beli lagi.



Simak Video "Artis 'Glee' Naya Rivera Meninggal jadi Trending Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)