Senin, 04 Nov 2019 11:58 WIB

PlayStation 4 Laku 100 Juta Unit, Hanya Kalah dari Konsol Ini

Fino Yurio Kristo - detikInet
PlayStation 4. Foto: detikINET/Irna Prihandini PlayStation 4. Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta - Walau sudah cukup lama beredar, PlayStation 4 masih populer dan penjualannya pun tetap moncer. Sony mengungkap bahwa PS4 telah terjual total lebih dari 100 juta unit sampai akhir September kemarin.

Menurut Daniel Ahmad, analis di Niko Partners, PS4 telah melampaui total penjualan PlayStation dan hanya kalah dari PlayStation 2. PS2 yang rilis tahun 2000 merupakan konsol game terlaris sepanjang masa, laku 155 juta unit.

Adapun PS4 yang dirilis pada tahun 2013 adalah konsol tercepat yang mampu menembus jumlah terjual 100 juta unit. Namun demikian, tingkat penjualannya memang sudah melambat.


Pada kuartal lalu seperti dikutip detikINET dari USA Today, PS4 laku 2,8 juta unit, menurun dari jumlah 3,9 juta unit dibandingkan tahun sebelumnya.

Di sisi lain, sebanyak 876 juta unit game PS4 terjual sampai akhir 2018. Sejauh ini di tahun 2019, jumlah itu bertambah 158,9 juta unit yang berarti jumlahnya hampir mencapai 1 miliar game.

Tahun depan tepatnya menjelang akhir tahun, Sony sudah memastikan akan merilis suksesor PS4 yaitu PlayStation 5. Menurut bocoran, PS5 akan menggunakan CPU eight-core yang berbasis dari AMD Ryzen generasi ketiga yang dibangun menggunakan arsitektur 7nm Zen 2.

Untuk GPU-nya, PlayStation 5 akan menggunakan GPU custom yang berdasarkan AMD Radeon Navi. Digunakannya GPU ini memungkinkan PlayStation 5 untuk memiliki fitur grafis ray-tracing, dan menjadi konsol game pertama yang mendukung fitur ini.



Simak Video "PlayStation 5: Jeroan SSD hingga Kontroler dengan Teknologi Haptic"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)