Senin, 14 Okt 2019 14:33 WIB

Game Fortnite Mendadak Tidak Bisa Dimainkan, Ini 6 Faktanya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Fortnite mendadak tidak bisa dimainkan, ini 6 faktanya (Foto: Reuters) Fortnite mendadak tidak bisa dimainkan, ini 6 faktanya (Foto: Reuters)
Jakarta - Game battle royale Fortnite mendadak disedot lubang hitam. Sejak pukul 01.00 WIB Senin dini hari game garapan Epic Games ini down dan tidak bisa dimainkan.

Munculnya lubang hitam ini bersamaan dengan berakhirnya musim ke-10 Fortnite pada Minggu (13/10) malam. Lubang hitam ini menyelimuti semua halaman Fortnite, tidak hanya game tapi juga halaman lobi dan karakter.



Netizen di Twitter pun berspekulasi bahwa lubang hitam ini merupakan bagian dari promosi menjelang diluncurkannya musim ke-11 atau bahkan chapter 2 Fortnite. Berikut fakta-fakta menarik tumbangnya Fortnite yang dirangkum detikINET:

1. Munculnya Lubang Hitam

Munculnya lubang hitam ini diawali dengan meteor yang berada di tengah pulau. Sejak muncul di awal musim ke-10 meteor ini selalu diam di posisinya.

Meteor ini kemudian mulai bergerak dan menghilang selama beberapa saat. Tiba-tiba meteor ini muncul dari rift dan bergerak ke arah pulau.

Kubah yang mengelilingi pulau mencoba menangkis meteor tersebut dan melindungi pulau. Tapi kubah tersebut tidak berhasil dan menghancurkan seluruh pulau sekitar pukul 14.00 waktu Amerika Serikat bagian timur.

Ledakan besar terjadi dan menyedot semuanya. Pulau, Battle Bus dan semua pemain menghilang dalam sekejap, hanya menyisakan lubang hitam.

Saat ini status server Fortnite sendiri sedang down. Hal itu terlihat dari terjadinya anomali di layanan-layanan Fortnite, seperti yang dijabarkan oleh postingan Twitter berikut.


Tapi, pemain bisa memasukkan kode Konami untuk mencoba memainkan game mini yang mirip dengan Space Invaders sembari menunggu kembalinya Fortnite.

2. Fortnite 'Menghitam' di Medsos

Setelah event lubang hitam ini, situs resmi Fortnite hanya memperlihatkan lubang hitam yang di-livestream lewat Twitch. Selain itu, akun YouTube Fortnite juga ikut menayangkan livestream event lubang hitam ini.

Akun Twitter Fortnite juga menghapus sekitar 12.000 cuitan dan hanya menyisakan tautan untuk menonton livestream lubang hitam tersebut. Akun Instagram Fortnite juga ikut menjadi gelap dengan postingan berwarna hitam.

3. Ramai di Twitter

Gamer yang bingung karena Fortnite mendadak tidak bisa dimainkan menyampaikan keluh kesahnya di media sosial seperti Twitter. Mereka mendiskusikan apa yang menjadi penyebab munculnya lubang hitam ini dan membuat game tidak bisa dimainkan.

Bahkan livestream event lubang hitam sepertinya memberikan sejumlah petunjuk nomor-nomor acak yang muncul di lubang hitam, seperti 11, 146, 15, 62 dan masih banyak lagi. Netizen pun beramai-ramai mencoba memecahkan misteri di balik angka-angka ini.

Tumbangnya Fortnite juga menarik perhatian CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk. Lewat akun Twitter pribadinya, Musk me-retweet headline dari tahun 2018 yang telah diedit yang menunjukkan bahwa ia membeli dan menghapus Fortnite.




4. Fortnite: Save the World Ikut Menghilang

Tidak hanya Fortnite versi batte royale saja yang menghilang, game Fortnite: Save the World juga tidak bisa dibeli dari beberapa platform gaming. Fortnite: Save the World sendiri merupakan game di mana seorang pemain mencoba menyelamatkan diri dari gerombolan musuh.

Beberapa pihak berspekulasi bahwa hilangnya Fortnite: Save the World dikarenakan Epic Games akan membuat mode ini tersedia secara gratis, dan tidak lagi dihargai USD 39,99.

5. Inventori Pemain Dijamin Aman

Pemain Fortnite yang kebingungan dan khawatir sepertinya langsung mengontak Sony tentang game mereka. Akun Twitter AskPlayStation langsung merespon bahwa inventori dan V-Bucks, mata uang in game Fortnite, milik mereka masih tersedia.

6. Kapan Season 11 Meluncur?

Musim ke-11 Fortnite dipastikan akan tetap meluncur. CNET memperkirakan musim ke-11 akan dimulai pada Selasa (17/10/2019). Sementara itu, seorang pengguna Twitter, @Lucas7yoshi, melihat kode di situs Fortnite dan menemukan bahwa event lubang hitam ini akan berakhir pada Selasa (15/10).

Selain itu, Fortnite juga baru saja mengirimkan update untuk perangkat iOS yang ukurannya lebih dari 5 GB. Mengingat ukurannya yang sangat besar, update ini sepertinya cukup signifikan dan menandakan event lubang hitam akan segera berakhir.

Simak Video "Gamer Ini Raih Rekor Dunia Main Game dengan Mulut"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)