Minggu, 13 Okt 2019 21:02 WIB

Sesmenpora: eSports Tidak Senegatif yang Dibayangkan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Ilustrasi eSports. Foto: Photo by Florian Olivo on Unsplash Ilustrasi eSports. Foto: Photo by Florian Olivo on Unsplash
Jakarta - Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot Sulistiantoro Dewa Broto mengatakan bahwa eSports memiliki sisi positif. Bila ada persepsi negatif, maka itu jadi tugas pemerintah.

"Publik kalau yang masih ada perkataan negatif soal eSports nggak menyalahkan karena itu menjadikan tantangan kami, Giring (Kepala Piala Presiden eSports 2020), KSP (Kantor Staf Presiden), Kominfo bagaimana menjelaskan kepada publik bahwa eSports tidak senegatif yang dibayangkan," kata Gatot di sela-sela Piala Presiden eSports 2020, Jakarta, Minggu (13/10/2019).



Padahal esport memiliki sisi positif banyak. ia mencontohkan orang yang sakit tentu tidak akan mampu bertanding sehingga dibutuhkan fisik yang kuat dan sehat. Jadi, diharapkan Gatot tak ada lagi kontasi negatif soal eSports.

"Main game kok eSports maunya mojok, ini tantangan kami lagi untuk menjelaskan ke publik. Kemudian kami buat regulasinya, kan nggak ada, mana dasar hukumnya, tinggal finalnya aja Insya Allah sebelum SEA Games jadi," ungkap dia.



Di samping itu, Gatot menjelaskan banyak negara di Asia Tenggara satu suara bahwa eSports masuk dalam cabang olahraga.

"Satu hal yang ingin kami sampaikan nanti semuanya dalam Federesi eSport Indonesia, kalau di bela diri martial arts, nah itu di bawahnya ada karate ada Judo, kami akan seperti itu," imbuhnya.

Gatot juga mengatakan bahwa semuanya saling berinergi, bahkan di kancah Internasional telah diakui bersama-sama bahwa eSports adalah bagian dari olahraga, seperti keberadaan cabang olahraga eSports di SEA Games 2019.

Simak Video "Kuy Main-main ke Markas Onic Esports di Grogol!"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)