Senin, 19 Agu 2019 14:40 WIB

Saingan Kompetisi eSport Terbesar Dunia: Fortnite vs Dota 2

Tim Aegis - detikInet
The International Dota 2. (Foto: Jeff Vinnick/Getty Images) The International Dota 2. (Foto: Jeff Vinnick/Getty Images)
Jakarta - Bicara mengenai prize pool dalam turnamen eSport, bisa dibilang Fortnite dan Dota 2 kini menjadi dua nama kompetisi terbesar di dunia. Siapa yang unggul?

Baru-baru ini, tepatnya 26-28 Juli 2019, ada turnamen Fortnite World Cup yang digelar di Berlin. Kompetisi ini dibagi dua yaitu untuk pertandingan solo dan tim, dengan prize pool keseluruhan sebesar USD 30 juta.




Jumlah tersebut membuat Fortnite jadi kompetisi eSport terbesar dunia, dalam hal prize pool, dengan melampaui jumlah USD 25 juta yang sebelumnya ditorehkan Dota 2 dalam turnamen akbarnya, The International (TI), pada edisi 2018.

Namun, hal itu tidak bertahan lama. Komunitas Dota 2, dengan konsep crowdfunding-nya, terus berkontribusi guna menambah prize pool pada gelaran TI9/TI 2019 yang saat ini tercatat berada pada angka USD 33.407.078, alias USD 33 juta.




Ajang The International, yang tahun ini berlangsung di China selama 20-25 Agustus, memang punya tren positif dalam hal prize pool. Setiap tahun angkanya terus bertambah.

Dalam gambaran besar, persaingan Fortnite dan Dota 2 dalam hal prize pool ini tentu diharapkan menjadi satu pertanda bagus dalam perkembangan industri eSport. Tentu diharapkan pula perkembangan itu akan bisa dibarengi dengan kian meningkatnya keterlibatan para atlet Indonesia di dalamnya, dalam upaya mewakili dan mengharumkan nama bangsa.


------

Buat kalian yang ingin ikut berkontribusi di dunia esports Indonesia, yuk gabung sebagai coach atau content creator di Aegis. Nggak kalah seru juga kalau kamu Ingin lebih jago di game favoritmu. Yuk gabung dengan AEGIS, First Indonesia Educational Esports Platform!

Kunjungi
AEGIS (Akademi Esports Indonesia)
www.ae-gis.id
Instagram : aegis.gg
Facebook: @aegis.id




Simak Video "Kemeriahan Kompetisi PUBG Mobile di Jakarta "
[Gambas:Video 20detik]
(krs/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com