Rabu, 31 Jul 2019 15:00 WIB

Rekor! PlayStation 4 Sudah Tembus 100 Juta Unit Pengapalan

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Sony PlayStation 4 Pro. Foto: istimewa Sony PlayStation 4 Pro. Foto: istimewa
Jakarta - Sony mengumumkan bahwa pihaknya sukses mengapalkan 3,2 juta unit PlayStation 4 (PS4) sejak awal April hingga akhir Juni lalu. Hal tersebut sekaligus menggenapkan jumlah unit dari konsol tersebut yang sudah dikapalkan menjadi 100 juta.

Pencapaian ini juga membuat PS4 sukses mengikuti jejak dua pendahulunya, yakni PS1 dan PS2, dalam menjangkau level tersebut. Satu-satunya konsol Sony yang tidak sesukses tiga nama tersebut, PS3, 'hanya' berhasil dikapalkan sebanyak lebih dari 87 juta unit.




Lebih lanjut, PS4 juga disebut jadi konsol tercepat sepanjang masa yang mampu mencapai jumlah pengapalan 100 juta unit. Hal tersebut disampaikan oleh Daniel Ahmed, analis dari Niko, firma riset yang berkantor di Amerika Serikat dan China.

PS4 sendiri hanya membutuhkan 5 tahun dan 7 bulan untuk membukukan torehan tersebut. Ia dua bulan lebih cepat dari PS2. Sedangkan di urutan ketiga tercepat ada Nintendo Wii yang butuh 6 tahun dan 8 tahun untuk bisa dikapalkan sebanyak 100 juta unit.

Lebih lanjut, dalam grafik yang dibagikan Daniel melalui akun Twitter miliknya, tampak juga capaian yang berhasil dibukukan oleh konsol-konsol lainnya. Salah satunya adalah Nintendo Switch yang sudah dikapalkan lebih dari 36 juta unit.

Uniknya, pertumbuhan yang ditunjukkan oleh Switch cukup mirip dengan apa yang ditorehkan oleh PS4 dan PS2. Bukan tidak mungkin, ia bisa mencapai pengapalan 100 juta unit dengan waktu tak jauh berbeda dari dua konsol itu.

Grafik penjualan berbagai konsol dalam 72 bulan pertamanya.Grafik penjualan berbagai konsol dalam 72 bulan pertamanya. Foto: Twitter/ZhugeEX




Walau masih memperlihatkan angka yang terbilang baik, bukan berarti Sony masih bisa bersantai-santai dengan PS4. Perusahaan asal Jepang itu dikabarkan tengah menyiapkan konsol anyarnya, yakni PS5.

Sejumlah spekulasi menyebut perangkat tersebut akan dirilis pada 2020 atau 2021. Beberapa spesifikasi yang bakal diusungnya meliputi backward compatibility hingga dukungan resolusi 8K. Ia juga diklaim memiliki performa yang jauh lebih cepat dari PS4 Pro melalui kehadiran SSD, sebagaimana detikINET kutip dari Cnet, Rabu (31/7/2019).




Simak Video "Di Tengah Gempuran Ponsel Gaming, PlayStation 4 Masih Punya Tempat"
[Gambas:Video 20detik]
(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed