Sabtu, 29 Jun 2019 13:32 WIB

Tekad China Cetak 2 Juta Pemain eSport dalam 5 Tahun

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi gamer. Foto: Christian Petersen/Getty Images Ilustrasi gamer. Foto: Christian Petersen/Getty Images
Jakarta - China hendak menggenjot ketersediaan para pemain eSport di saat sektor tersebut dinilai potensial untuk dikembangkan. China pun berambisi untuk mencetak 2 juta atlet eSport dalam lima tahun ke depan.

Menurut sebuah laporan terbaru yang dirilis oleh Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial China, yang dikutip dari KrAsia, Sabtu (29/6/2019), disebutkan bahwa saat ini China mengalami kelangkaan ketersediaan tenaga kerja di bidang eSport, khususnya para pemain profesional.




Diketahui bahwa sampai saat ini Negeri Tirai Bambu itu baru memiliki 100.000 gamer profesional. China berhasrat agar jumlah tersebut dapat meningkat drastis hingga dua juta pemain eSport pada 2023 nanti.

Dengan demikian, China akan berupaya untuk membuka selebar-lebarnya yang terkait dengan dunia olahraga elektronik tersebut di masa mendatang. Maka itu artinya, profesi eSport bisa menjanjikan dan banyak diburu.




Menurut prediksi Tencent, China mengestimasi ada sekitar 75 juta penggemar eSports ini dan pasar memperkirakan nilainya mencapai RMB 13,8 miliar atau sekitar Rp 28,3 triliun untuk tahun ini.


(agt/krs)