Selasa, 16 Apr 2019 13:01 WIB

Berani Tantang AI yang Kalahkan Tim Juara Dunia Dota 2?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Setelah mengalahkan OG, yang berstatus sebagai tim juara dunia Dota 2, kini OpenAI membuka OpenAI Five ke publik agar bisa menjajal sendiri kehebatan AI yang sudah dilatih bermain Dota 2 setara dengan 45 ribu tahun bermain itu.

OpenAI membuka platform Arena selama tiga hari mulai Kamis (18/4/2019) mendatang. Untuk bisa mengakses platform tersebut mesti mendaftar lebih dulu karena OpenAI perlu mengalokasikan kekuatan komputasi yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah pemain yang ingin menjajal OpenAI Five tersebut.

Menurut OpenAI, Arena adalah sebuah eksperimen publik, dan memang didesain untuk melihat bagaimana jika sistem AI tersebut dibolehkan melawan melawan publik tanpa aturan ala turnamen yang ketat, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (16/4/2019).




"Kami menyadari kalau 1v1 bot akan bisa dieksploitasi dengan strategi yang lebih pintar, namun kami tak tahu apakah hal ini juga terjadi di OpenAI Five, namun kami bersemangat untuk mengajak komunitas untuk mencari jawabannya," tulis OpenAI dalam postingan blognya.

Dalam Arena itu juga nantinya tak melulu tim manusia melawan AI. OpenAI membuka mode kolaboratif di Arena di mana AI dan manusia bisa ada dalam satu tim melawan bot lain. Dengan begitu, OpenAI bisa mendapat masukan berguna bagaimana AI-nya itu bisa berkolaborasi dengan kemampuan manusia.


(asj/krs)