Kamis, 04 Apr 2019 11:15 WIB

Tencent Uji Coba Layanan Streaming Game

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Christian Petersen/Getty Images Foto: Christian Petersen/Getty Images
Jakarta - Demam layanan streaming game sepertinya masih berlanjut. Setelah Google mengumumkan Stadia pada bulan lalu, kini Tencent dikabarkan juga sedang menguji coba layanan serupa.

Raksasa teknologi asal China ini baru saja meluncurkan situs untuk layanan streaming game yang dinamai 'Start'. Deskripsi di situs ini menyebutkan bahwa pengguna bisa memainkan game di berbagai perangkat.




Deskripsi ini menandakan bahwa situs ini memang untuk layanan streaming game. Mengingat streaming game memungkinkan pengguna untuk memainkan game di mana saja karena semuanya dijalankan lewat cloud.

Uji coba ini sudah mulai dibuka untuk publik. Gamer yang tinggal di kota Shanghai dan Guangdong di China sudah bisa mendaftar untuk menguji coba layanan ini.

Mengingat Start masih dalam tahap uji coba, belum diketahui kapan layanan ini akan diluncurkan. Tencent sendiri mengatakan bahwa pengembangan ini masih di tahap awal.

Tencent Uji Coba Layanan Streaming GameFoto: CNBC


"Cloud gaming merupakan tren yang sedang berkembang, dan mengingat kemampuan teknis kami dan portofolio game yang kaya, kami sedang melakukan beberapa riset internal untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan," kata juru bicara Tencent seperti dikutip detikINET dari CNBC, Kamis (4/4/2019)

Sebelumnya, Tencent juga sempat memamerkan layanan streaming game yang dinamai 'Instant Play'. Layanan ini merupakan hasil kerjasama antara Tencent dengan Intel.

Pada gelaran Game Developers Conference di San Fransisco, AS bulan lalu, mereka juga sudah mulai mendemonstrasikan Instant Play untuk publik. Tapi, tidak diketahui apakah Start merupakan versi rebrand dari Instant Play, atau jika keduanya merupakan dua layanan yang berbeda.




Jika layanan ini akan segera meluncur dalam waktu dekat, maka Tencent akan menghadapi kompetitor yang tidak sedikit. Selain Google, ada juga Microsoft dengan layanan yang dinamai xCloud dan juga Sony dengan PlayStation Now.

Tapi, Tencent setidaknya memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan Google. Yaitu Tencent sendiri merupakan pengembang game dan lebih dari mampu untuk menciptakan konten sendiri untuk platform mereka. (vim/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed