Jumat, 08 Mar 2019 13:41 WIB

Nintendo Rilis Mainan VR untuk Switch Lewat Labo

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Nintendo rilis mainan VR untuk konsol Switch menggunakan produk Labo. Foto: Nintendo Nintendo rilis mainan VR untuk konsol Switch menggunakan produk Labo. Foto: Nintendo
Jakarta - Sampai setahun yang lalu, Nintendo masih ogah berkecimpung di dunia virtual reality (VR). Pada awal 2018 lalu, misalnya, perusahaan asal Jepang itu beranggapan teknologi ini masih belum layak didistribusikan dengan cara mainstream.

Kini, mereka justru mengumumkan untuk mulai terjun ke sektor VR. Harus diakui memang, cara mereka terbilang anti-mainstream ketimbang pemain lain, Playstation misalnya.




Mereka memanfaatkan kini Labo untuk menerapkan sistem VR ke konsol Switch. Perlengkapan yang terbuat dari kardus mampu menyokong konsep VR di sebuah konsol hybrid? Itu tentu jadi ide baru dalam memberikan pengalaman virtual reality bagi pemain.

Set VR ini jadi paket permainan, atau yang disebut ya sebagai Toy-Con, keempat yang dimiliki oleh Labo. Sebelumnya, sudah ada paket dasar yang berisi remote control, alat pancing, dan lain sebagainya, lalu ada perlengkapan robot, serta terakhir media untuk balapan.

Berdasarkan situs resminya, Toy-Con 04 VR Kit ini akan mulai tersedia pada 12 April mendatang. Lalu, berapa besar harga yang dipatok Nintendo untuk perlengkapan virtual reality untuk Switch tersebut?

saToy-Con 04 VR Kit, mainan VR baru Nintendo untuk konsol Switch melalui produk Labo. Foto: Nintendo

Paket standarnya, alias starter kit, dibanderol senilai USD 39,99, atau sekitar Rp 500 ribuan, sebagaimana detikINET kutip dari The Verge, Jumat (8/3/2019). Sesuai namanya, isinya juga pun standar, hanya berupa goggle untuk VR dan tembakan atau Toy-Con Blaster. Kalau mau yang lebih greget, Nintendo juga punya paket komplet untuk mainan anyarnya ini.

Produsen konsol Wii dan Game Boy itu menyediakan paket utama yang berisi starter kit ditambah Toy-Con Camera, Toy-Con Elephant, Toy-Con Bird, dan Toy-Con Wind Pedal dengan banderol USD7. 99, atau sekitar Rp 1, 1 juta. Keempat mainan yang disebut terakhir juga bisa dibeli secara terpisah seharga USD 20 (Rp 200 ribuan) per paket, yaitu Toy-Con Camera + Toy-Con Elephant atau Toy-Con Bird + Toy-Con Wind Pedal.




Sejatinya, ini bukan usaha pertama Nintendo dalam mencoba peruntungan di dunia VR. Di era 90-an perusahaan tersebut sempat hadir dengan Virtual Boy, namun kurang mendapat respons positif dari pasar.

Jika dulu mungkin terlalu dini bagi Nintendo untuk merilis perangkat VR, apakah paket terbaru dari Labo untuk Switch ini akan sukses? Dengan melihat popularitas dua nama itu, tak ada salahnya jika menyebut mainan baru Nintendo ini akan lebih bertajuk ketimbang pendahulunya.


Saksikan juga video 'Bangga! Game 'Legrand legacy' Garapan Anak Bangsa Masuk Nintendo Switch':

[Gambas:Video 20detik]

(mon/fyk)