Kamis, 31 Jan 2019 12:19 WIB

Main Fortnite dan PUBG Bisa Genjot Produktivitas Kerja Lho!

Kris Fathoni W - detikInet
Main game Fortnite dan PUBG ternyata bisa genjot produktivtas kerja. (Foto ilustrasi Fortnite) Main game Fortnite dan PUBG ternyata bisa genjot produktivtas kerja. (Foto ilustrasi Fortnite)
Jakarta - Bermain game macam Fortnite dan PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) ternyata juga bisa memberikan dampak positif pada kinerja di kantor.

Begitu setidaknya menurut sebuah studi dari Brigham Young University (BYU). Menurut studi tersebut game kolaboratif macam Fortnite dan PUBG bisa meningkatkan kerja sama dan produktivitas.

Secara terperinci, studi tersebut mengindikasikan bahwa bermain game yang dimainkan bersama-sama macam PUBG, Fortnite, atau Halo 4 selama 45 menit saja bisa meningkatkan produktivitas kerja sampai 20 persen.




"Melihat lonjakan cukup besar seperti itu, terutama dengan durasi main mereka, cukup mengejutkan," ujar Greg Anderson, profesor dari BYU yang juga menggarap studi itu, seperti dikutip detikINET dari TheInquiret.net.

"Perusahaan-perusahaan sudah menghabiskan ribuan dolar untuk aktivitas team bulding dan saya pun kini jadi berpikir, lebih baik beli saja Xbox," tuturnya.

Riset tersebut melibatkan 352 orang yang direkrut dan kemudian disusun ke dalam 80 tim secara acak. Tujuannya agar memastikan dalam satu tim tak ada yang saling mengenal secara profesional, atau pernah bekerja sama, sebelumnya.




Tim-tim itu diuji sebelum dan sesudah berpartisipasi dalam tes ini dalam beragam aktivitas kompetitif bernuansa kolaboratif, termasuk main video game. Para peserta juga diberi iming-iming uang jika menang.

Menurut Mark Keith, salah satu peneliti yang juga staf pengajar di BYU, menyatakan bahwa video game bisa menjadi alternatif dari aktivitas team building yang biasa dilakukan perusahaan.

Para peneliti mengklaim bahwa peserta tes ini tak perlu menjadi sosok yang benar-benar doyan game untuk melihat efek positif dari "team gaming". Para newbie dalam tes ini pun disebut mampu membangun komunikasi dan atmosfer kerja sama dengan cepat.




Pada dasarnya video game macam Fortnite dan PUBG, khususnya saat dimainkan bersama-sama dalam tim berisikan 2-4 orang ketimbang main sendirian, bisa menguji kemampuan seseorang dalam mengambil keputusan cepat dan bekerja sama dalam situasi genting.



(krs/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed