Kamis, 22 Mar 2018 09:21 WIB

Gamer PC Kini Bisa Live Streaming di Facebook

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: techcrunch Foto: techcrunch
Jakarta - Facebook tampaknya sangat ingin merebut pasar pengguna Twitch dan YouTube Game setelah mereka membuat gamer PC bisa live streaming di layanannya.

Mereka baru-baru ini merilis sebuah software development kit (SDK) yang didesain untuk memudahkan penggunanya melakukan live streaming game PC ke layanan jejaring media sosial tersebut.

Peluncuran fitur baru ini dilakukan Facebook berbarengan dengan gelaran hari pertma Game Developer Conference, di San Francisco, Amerika Serikat. Hal serupa dilakukan Facebook pada Desember lalu saat mereka meluncurkan fitur live streaming untuk Instant Games mobile.

Sejak 2016 Facebook sudah membolehkan game buatan Blizzard, terutama Overwatch, untuk bisa ditayangkan langsung di platform Live miliknya. Kemudian mereka mengembangkan fitur tersebut dalam bentuk SDK untuk PC, yang akan memudahkan pengembang game memasukkan fitur Facebook Live Streaming dalam game buatannya.



Dengan begitu, streamer tak perlu lagi menambahkan alat eksternal atau software pihak ketiga agar bisa melakukan live streaming di Facebook. Tak cuma itu, Facebook juga memberi sejumlah insentif bagi pengguna platform Live-nya agar para streamer lebih memilih Facebook ketimbang Twitch.

Insentif tersebut dalam bentuk sistem hadiah yang bisa digunakan pengembang untuk memberikan barang-barang dalam game kepada para pengguna platform Live, juga bermacam keuntungan lain dalam menggunakan Live, seperti dilansir The Verge, Selasa (20/3/2018).

Namun tentu merebut para pengguna yang sudah terlanjur menggunakan Twitch atau YouTube bukanlah hal mudah. Karena para streamer profesional tersebut biasanya sudah 'berinvestasi' untuk menggunakan platform tersebut.













(asj/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed