BERITA TERBARU
Senin, 12 Mar 2018 15:51 WIB

Perbedaan 'Kiblat' Film Tomb Raider Baru dan di Masa Lalu

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Lara Croft. Foto: istimewa Lara Croft. Foto: istimewa
Jakarta - Tomb Raider tak dipungkiri menjadi salah satu seri game lawas yang populer hingga saat ini. Tidak cuma eksis di industri game, seri game yang menceritakan kisah petualangan gadis bernama Lara Croft ini pun dituangkan ke dalam bentuk film layar lebar.

Bila dihitung, ada tiga judul film Tomb Raider yang sudah dibuat sampai saat ini, dimulai dari debutnya di tahun 2001 dengan judul 'Lara Croft: Tomb Raider'. Film yang dibintangi oleh aktris Angelina Jolie ini sukses meraup pendapatan US 274,7 juta.

Sukses dengan judul yang pertama, Paramount Pictures mencoba untuk menghadirkan sekuel di tahun 2003 dengan judul 'Lara Croft Tomb Raider: The Cradle of Life' yang juga dibintangi oleh Angelina Jolie. Namun, sayang judul kedua ini tak begitu sukses seperti judul yang pertama dan menuai kritik negatif dari berbagai kalangan.

Melongok Kiblat Film Tomb Raider TerbaruFoto: istimewa

Kalau diperhatikan, judul pertama dan kedua memang terinspirasi oleh seri Tomb Raider yang lama. Jolie tampil seksi dan sensual dengan tanktop dan hot pants, lengkap dengan potongan rambut panjang yang diikat kepang yang khas.

Di situ pun diceritakan bahwa ia adalah gadis bangsawan kaya raya dari harta peninggalan keluarganya. Croft dalam kisah ini memang sudah menjadi seorang pemburu harta karun yang berpengalaman dan dibekali dengan beragam perlengkapan yang canggih bak seorang James Bond. Tak lupa Croft membekali dirinya dengan sepasang pistol yang sudah menjadi ciri khasnya dalam game pada masa itu.

Lalu bagaimana dengan film terbarunya ini? Film bertajuk Tomb Raider (2018) ini disutradarai Roar Uthaug dan ditulis oleh Geneva Robertson-Dworet dan Alastair Siddons. Cerita dalam film terbaru ini tak lagi berkiblat pada sosok Lara Croft era game terdahulu.

Uthaug memplot film terbarunya ini seperti judul game reboot Tomb Raider yang rilis tahun 2013. Dalam game ini sosok Lara Croft berbanding jauh dengan yang terdahulu. Ia tak lagi dikenal sebagai sosok Lara Croft yang glamor dan petualang andal.

Melongok Kiblat Film Tomb Raider TerbaruFoto: istimewa

Di sini justru ia terlihat sangat ketakutan menghadapi petualangan pertamanya di sebuah pulau bernama Yamatai, sebuah pulau yang hilang di pesisir pantai Jepang. Lara Croft yang terpisah dari kelompoknya harus bertahan hidup dan menghadapi ancaman kawanan kriminal yang menghuni pulau tersebut.

Di film terbaru kali ini, sosok Lara Croft dibintangi oleh Alicia Vikander. Tak lagi berpenampilan seksi seperti yang dilakoni oleh Angelina Jolie, sosok Lara Croft di sini terlihat cerdas, paham akan arkeologi, dan tangguh dengan pakaian tanktop abu-abu dan celana panjang.

Melongok Kiblat Film Tomb Raider TerbaruFoto: istimewa

Senjata andalannya pun tak lagi dual pistol seperti yang dipakai dalam seri terdahulu. Developer Crystal Dynamics memutuskan untuk menjadikan panah sebagai senjata utama Lara Croft dalam dua judul game, Tomb Raider (2013) dan Rise of the Tomb Raider (2015). Selain panah, Lara Croft juga mengandalkan climb axe atau kapak untuk pendakian dalam menghajar musuh. (mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed