Minggu, 07 Jan 2018 10:41 WIB

Sosok Poundmaker di Civilization 6 Dikritik

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Awal pekan ini, 2K Games memperkenalkan pemimpin sejarah baru dalam game Civilization 6, yakni Poundmaker (Pîhtokahanapiwiyin), seorang pemimpin suku asli Amerika Utara Cree.

Sayangnya, potret Poundmaker dalam game ini mendapat kritik dari suku tersebut. Pemimpin suku Cree saat ini, yakni Milton Tootoosis mengaku kecewa dengan penampilan Poundmaker dalam game tersebut. Menurut Tootoosis, sosok Poundmaker dalam game tidak memperhatikan nilai-nilai sukunya.

Dalam sebuah wawancara, seperti dikutip detikINET dari Polygon, Minggu (6/1/2018), Tootoosis mengatakan jika game menggambarkan bangsa First Nation memiliki nikai budaya yang sama dengan kolonial, pasukan yang menaklukkan bangsa dan menguasai tanah mereka.

"Itu sama sekali tidak sesuai dengan nilai tradisional dan pandangan dunia kami," ujar Tootoosis.

Di Civilization 6 ada pemain didorong untuk memperluas wilayah mereka dengan berbagai cara. Agresi militer sendiri menjadi salah satu cara untuk meraih kemenangan.

Walau demikian, pemain bisa menggunakan cara damai, seperti dengan pertukaran ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya.

Game ini awalnya dikembangkan untuk PC, namun belakangan dirilis untuk iPad. Poundmaker sendiri menjadi satu dari tokoh pemimpin sejarah lainnya, seperti Theodore Roosevelt, Queen Victoria, dan Genghis Khan.

Tootoosis mengaku kecewa bahwa 2K Games tidak menghubungi dirinya dan representatif Cree manapun selama mengembangkan karakter Poundmaker.

"Ini bukan hal baru. Hollywood sudah lebih dulu melakukan hal semacam ini selama beberapa dekade menggambarkan orang Indian dengan cara yang tidak pantas," pungkasnya. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed