Kamis, 04 Jan 2018 16:55 WIB

Kim Jon Un Ternyata Penggemar Slam Dunk dan Dragon Ball

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: KCNA via KNS/AFP Foto: KCNA via KNS/AFP
Jakarta - Ketika mendengar nama Kim Jong Un, pasti yang ada di benak Anda adalah sosok pemimpin Korea Utara yang meresahkan beberapa negara karena ancaman nuklirnya. Namun, siapa sangka jika Kim Jong Un ternyata adalah penggemar anime dan manga.

Informasi ini diketahui dari sebuah program televisi Jepang, Yabai Hanshi The World. Dalam program tersebut, pihak televisi mengirim Daiki Kameda ke Bern, Swiss, tempat Kim Jong Un mengenyam pendidikan selama empat tahun dengan nama palsu sejak usia 12 tahun.

Di sana, Kameda berbicara dengan seorang peneliti bernama Gabriel Myer. Menurut Myer, Kim Jong Un mencintai liga basket profesional Amerika Serikat, NBA. Ia pun mengidolakan pebasket ternama, seperti Michael Jordan dan Kobe Bryant.

Namun, yang mengejutkan lagi adalah Myer mengklaim bahwa Kim Jong Un juga seorang penggemar manga. Dalam hal ini, manga favorit Kim Jong Un tak lain adalah manga bertema basket.

Slam DunkSlam Dunk Foto: istimewa

"Slam Dunk, sesuatu seperti itu adalah nama manga yang ia baca," ujar Myer dikutip detikINET dari Rocket News 24, Kamis (4/1/2018). Sekadar informasi, Slam Dunk adalah manga basket populer yang rilis di tahun 1990 sampai 1996. Rentang waktu itu pun serupa dengan keberadaan Kim Jong Un di Bern yang menurut laporan bermukim di pertengahan tahun 90an.

Tak hanya itu, Myer juga mengatakan bahwa sang adik, yakni Kim Yo-Jong, yang juga belajar di Bern di waktu yang sama juga seorang penggemar manga. Namun, ia lebih membaca manga seperti Sailor Moon.

Selain Slam Duni, tutur Kameda meneruskan pernyataan Myer, Kim Jong Un ternyata juga penggemar Dragon Ball. Bahkan dalam sebuah rekaman, Myer mengatakan jika Kim Jon Un menghabiskan waktu membaca manga. Karenanya ia tak sempat belajar, sehingga peringkat nilainya buruk selama di Swiss. (mag/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..