Kamis, 04 Jan 2018 16:55 WIB

Kim Jon Un Ternyata Penggemar Slam Dunk dan Dragon Ball

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: KCNA via KNS/AFP Foto: KCNA via KNS/AFP
Jakarta - Ketika mendengar nama Kim Jong Un, pasti yang ada di benak Anda adalah sosok pemimpin Korea Utara yang meresahkan beberapa negara karena ancaman nuklirnya. Namun, siapa sangka jika Kim Jong Un ternyata adalah penggemar anime dan manga.

Informasi ini diketahui dari sebuah program televisi Jepang, Yabai Hanshi The World. Dalam program tersebut, pihak televisi mengirim Daiki Kameda ke Bern, Swiss, tempat Kim Jong Un mengenyam pendidikan selama empat tahun dengan nama palsu sejak usia 12 tahun.

Di sana, Kameda berbicara dengan seorang peneliti bernama Gabriel Myer. Menurut Myer, Kim Jong Un mencintai liga basket profesional Amerika Serikat, NBA. Ia pun mengidolakan pebasket ternama, seperti Michael Jordan dan Kobe Bryant.

Namun, yang mengejutkan lagi adalah Myer mengklaim bahwa Kim Jong Un juga seorang penggemar manga. Dalam hal ini, manga favorit Kim Jong Un tak lain adalah manga bertema basket.

Slam DunkSlam Dunk Foto: istimewa

"Slam Dunk, sesuatu seperti itu adalah nama manga yang ia baca," ujar Myer dikutip detikINET dari Rocket News 24, Kamis (4/1/2018). Sekadar informasi, Slam Dunk adalah manga basket populer yang rilis di tahun 1990 sampai 1996. Rentang waktu itu pun serupa dengan keberadaan Kim Jong Un di Bern yang menurut laporan bermukim di pertengahan tahun 90an.

Tak hanya itu, Myer juga mengatakan bahwa sang adik, yakni Kim Yo-Jong, yang juga belajar di Bern di waktu yang sama juga seorang penggemar manga. Namun, ia lebih membaca manga seperti Sailor Moon.

Selain Slam Duni, tutur Kameda meneruskan pernyataan Myer, Kim Jong Un ternyata juga penggemar Dragon Ball. Bahkan dalam sebuah rekaman, Myer mengatakan jika Kim Jon Un menghabiskan waktu membaca manga. Karenanya ia tak sempat belajar, sehingga peringkat nilainya buruk selama di Swiss. (mag/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed