Jumat, 27 Okt 2017 09:24 WIB

Nintendo Wii Bisa Dipakai untuk Sembuhkan Pasien Parkinson

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Aksesori Balance Board di konsol game Nintendo Wii. Foto: Getty Images Aksesori Balance Board di konsol game Nintendo Wii. Foto: Getty Images
Jakarta - Tidak hanya berfungsi sebagai alat hiburan, konsol game kadang juga dipakai untuk kepentingan lain yang lebih bermanfaat. Salah satunya adalah untuk mengobati pasien penderita parkinson.

Adalah Jessica Huber and Jeff Haddad, dua orang profesor dari Purdue University yang melakukan penelitian terhadap penggunaan Nintendo Wii bagi penderita parkinson. Jadi, disebutkan ada game tertentu di Nintendo Wii yang bisa membantu menyembuhkan penderita parkinson.

Dari hasil penelitian, bermain game di Nintendo Wii bisa membantu meningkatkan pergerakan pasien, kemampuan berbicara, dan kualitas hidup. Dalam penelitiannya, Huber dan Haddad memanfaatkan aksesoris balance board dan Wiimote.

Para peneliti menggunakan alat ini untuk mempelajari bagaimana aktivitas otak dan gerakan tubuh terkoneksi, yang sering berperan dalam tugas sehari-hari yang sederhana seperti berjalan dan berbicara.

"Kami melihat bahwa sesuatu yang mereka lakukan di rumah mungkin menjadi sebuah tantangan, seperti menyingkirkan belanjaan sampai menggapai sesuatu di lemari. Hal-hal seperti ini yang mudah dilakukan ketika mereka masih muda, akan terasa sulit ketika beranjak tua apalagi ada penyakit saraf," ujar Huber seperti dikutip detikINET dari The Daily Star, Jumat (27/10/2017).

Sejauh ini penelitian tersebut telah menemukan bahwa permainan yang dirancang khusus, bila digunakan untuk jangka waktu yang ditentukan, cenderung menunjukkan hasil yang lebih positif ketimbang perawatan tradisional. Termasuk dengan memanfaatkan Wii. (mag/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed