BERITA TERBARU
Kamis, 03 Agu 2017 18:18 WIB

Gamer Indonesia Banyak, yang Serius Cuma Secuil

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Arcade Hotel Foto: Arcade Hotel
Jakarta - Tidak sedikit yang menilai bahwa Indonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara dengan jumlah gamer terbesar. Pendapat itu benar, namun kebanyakan memang baru sebatas bersenang-senang dengan game.

Maksud bersenang-senang adalah hanya sedikit dari gamer di Indonesia yang kemudian menjadikan game sebagai lahan mata pencaharian. Padahal, industri eSport di negara luar sudah bisa dijadikan sebagai sarana mendapatkan uang.

"Ada banyak survei terkait gamer di Indonesia. Tapi salah satunya menyebut bahwa jumlah gamer di Indonesia kurang lebih 20 sampai 40 juta. Tapi yang serius hanya sekitar dua sampai tiga juta," ucap Eddy Lim, Presiden serta Pendiri Asosiasi eSport Indonesia di jumpa pers Taiwan Excellent 2017 di Neo Soho, Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Serius maksud Eddy adalah menganggap dirinya sebagai atlet eSport. Dan kerap terjun mengikuti berbagai perlombaan.

Industri eSport sendiri di Indonesia bisa dibilang sudah mendapat pengakuan resmi dari pemerintah sejak tiga tahun lalu. Asosiasi berdiri tak lain untuk membantu mengembangkan industri eSport yang di beberapa negara luar sudah tumbuh pesat.

Di Indonesia, eSport akan memulai debutnya di ajang Asian Games 2018. Memang sebelumnya telah banyak turnamen game dengan hadiah hingga miliaran rupiah.

Namun, baru kali ini pertandingsn game dibawa ke ranah yang lebih bergengsi dan sifatnya bisa mengharumkan nama bangsa.

"Sudah fix masuk Asian Games. Tapi ya memang belum tahu informasi lebih lanjut, soal game yang dipertandingkan dan sebaginya. Ya kamu tahulah Indonesia biasanya mepet dikit baru bergerak," ucap Eddy mengkonfirmasi eSport di Asian Games 2018.

Pun masuk Asian Games 2018, eSport masih sebatas 'anak bawang'. Peserta yang berpartisipasi belum bisa memperebutkan medali seperti cabang olahraga lain. (mag/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.