BERITA TERBARU
Rabu, 05 Jul 2017 15:18 WIB

Teroris Ditangkap Berkat Aduan dari Forum Game

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Seorang pria berusia 23 tahun ditangkap pihak berwajib Perancis dengan tuduhan merancang pembunuhan terhadap Presiden Perancis Emmanuel Macron. Pria yang tidak diketahui namanya ini segera dibekuk setelah polisi menerima laporan dari salah seorang anggota forum video game.

Menurut laporan, pria yang diduga berada dalam jaringan teroris ini berencana untuk membunuh presiden Macron dalam acara parade di Paris pada tanggal 14 Juli 2017 mendatang. Polisi mendapat laporan dari salah seorang anggota situs forum game, yang menyebut bahwa tersangka bertanya-tanya informasi di mana ia bisa membeli senjata tipe Kalashnikov.

Tak lama setelah mendapat laporan, polisi pun bergerak dan berhasil menangkap tersangka di kediamannya di kota pinggiran Paris, yakni Argenteuil. Dari hasil penggerebekan tersebut, seperti dikutip detikINET dari The Guardian, Rabu (5/7/2017), polisi menemukan tiga buah pisau di dalam kendaraannya.

Dan dari hasil pemeriksaan pada komputernya ditemukan hasil pencarian di internet yang berhubungan dengan target pembunuhan. Dari pengakuan tersangka, selain menyerang presiden Macron, ia juga ingin menyerang kaum Muslim, Yahudi, orang kulit hitam, dan homoseksual.

Ini bukan pertama kalinya bagi tersangka terlibat kasus terorisme. Di tahun 2016 lalu ia pernah ditahan karena memuji perbuatan Anders Breivik, seorang terdakwa kasus pembunuhan 77 orang di Norwegia tahun 2011.

Ia seharusnya mendapat hukuman tiga tahun penjara. Namun, pengadilan akhirnya memperingan hukuman dengan hanya menjalani separuhnya. (mag/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed