Jumat, 21 Okt 2016 06:42 WIB

Bukan NX, Konsol Anyar Nintendo Ternyata Switch

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Nintendo Foto: Nintendo
Jakarta - Bila menilik ke belakang, kurang lebih satu setengah tahun sudah rumor mengenai konsol misterius Nintendo beredar. Selama itulah Nintendo kerap bungkam terkait informasi konsol anyarnya itu. Kini, tanpa malu-malu, produsen game raksasa Jepang ini resmi mengumbarnya.

Bukan NX sebagaimana yang telah dirumorkan oleh banyak orang. Oleh Nintendo konsol terbarunya itu diberi nama Nintendo Switch.

Seperti yang sudah pernah dikabarkan sebelumnya, Nintendo Switch menggabungkan konsep gaming konsol rumahan dan perangkat gaming mobile (hybrid), sehingga Anda bisa memainkan game ini kapan pun dan di mana pun.

Mesin utama Nintendo Switch menyerupai sebuah tablet yang oleh Nintendo disebut Switch Console. Diperkirakan tablet ini memiliki bentang layar 7 inch dengan resolusi yang belum diketahui.

Di bagian samping tablet terdapat slot yang bisa dipakai untuk meletakan kontroler portable. Nintendo pun menyebut kontrolernya ini dengan nama Joy-Con. Selain dipasang di samping layar tablet, Joy-Con juga bisa dibuat menjadi sebuah kontroler dengan menggunakan Joy-Con Grip.

Penggunaan Nintendo Switch sebagai perangkat gaming portable bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa digenggam dengan kontroler di kiri dan kanan seperti 3DS atau bisa juga diletakkan di atas meja dengan kickstand yang menopang.

Bukan NX, Konsol Anyar Nintendo Ternyata SwitchFoto: Nintendo


"Nintendo Switch memberikan kebebasan untuk bermain sesuka hati mereka," ujar Reggie Fils-Aime, President and COO, Nintendo of America dikutip detikINET dari The Daily Mail, Jumat (21/10/2016).

Bosan bermain di luar? Perangkat ini juga bisa disulap menjadi konsol rumahan. Caranya, cukup meletakkan tablet ke dalam docking (Switch Dock) yang sudah tersambung ke dalam televisi.

Bukan NX, Konsol Anyar Nintendo Ternyata SwitchFoto: Nintendo


Beralih ke sektor dapur pacu, pengolahan grafis Nintendo Switch disebut-sebut menggunakan NVIDIA Tegra, dimana dikatakan memiliki pemrosesan yang sama dengan kartu grafis sekelas GeForce. Sementara untuk gamenya sendiri, selaim digital Nintendo Switch mengandalkan game fisik berbentuk cartridge.

Sayang Nintendo belum mau mengungkap berapa harga Nintendo Switch. Hanya saja, perangkat ini siap dirilis bulan Maret 2017. (mag/ash)